Lima Langkah Pertama Memulai MPASI

Nasi, sayuran dan buah adalah makanan yang pas untuk MPASI pertama.

bayi-makan-makanan-pengganti-asi

♛ barb3ta

Saat buah hati memasuki usia enam bulan dan sudah siap memulai makanan pendamping ASI (MPASI) pertamanya, pasti banyak pertanyaan yang menghampiri orangtua. Salah satunya adalah apa yang harus diberikan pertama kali?

Memberi MPASI sebenarnya adalah proses naluriah yang dituntun oleh tanda dan sinyal dari buah hati Anda. Namun, sebagai panduan dasar, berikut adalah langkah yang bisa Anda ikuti.

  1. Satu sendok pertama

Satu sendokan pertama ini akan menjadi pengalamannya merasakan rasa dan tekstur, memakan langsung dari sendok dan belajar menelan. Jangan khawatir bayi Anda tidak akan menelannya dan kebanyakan akan keluar dari mulut. Ini hanyalah karena indera perasannya yang selama ini hanya merasakan susu.

Nasi, sayuran, dan buah-buahan adalah makanan yang pas untuk MPASI pertama. Tapi, pastikan semua dimasak matang atau jika itu buah pastikan matang, di-pure atau dihancurkan hingga sangat halus.

Tidak masalah jika Anda memperkenalkan rasa baru di setiap waktu makan. Jika buah hati Anda menolak makanan tertentu, cobalah lagi di waktu lain. Ingatlah bahwa ini semua baru baginya, jadi berikan dia waktu untuk terbiasa dengan setiap rasa baru.

MPASI pertama yang direkomendasikan untuk MPASI pertama adalah nasi yang dihancurkan dengan sedikit ASI atau susu formula, ubi, wortel, brokoli, kembang kol, kacang polong, pisang, apel, dan pir. Bayi cenderung menyukai makanan manis, jadi ubi dan wortel biasanya menjadi MPASI pertama yang paling banyak dipilih.

  1. Perkenalkan sarapan

Sereal bayi bisa menjadi makanan permulaan yang baik untuk lidah bayi, karena teksturnya yang lembut dan dipenuhi nutrisi, juga rendah garam dan gula. Tapi, pastikan Anda memberikannya susu terlebih dulu karena di usia ini bayi masih harus mendapatkan kebanyakan nutrisinya dari ASI. Jika Anda memberikan makanan padat terlebih dulu, Anda menghalangi keinginannya minum susu.

  1. Perkenalkan banyak rasa

Perkenalkan sebanyak mungkin rasa, dalam waktu singkat, agar cita rasa buah hati Anda lebih luas dan mencegahnya menjadi pemilih. Makanan dengan rasa tersendiri seperti alpukat dan mangga dapat menjadi pilihan untuk memperkenalkan rasa. Atau, sayuran hijau gelap, seperti bayam, atau tomat.

  1. Ikan, daging, telur, dan produk susu

Setelah bayi Anda terbiasa dengan rasa dari sayuran dan buah, sekarang saatnya memberikan protein. Buatlah transisi makanan ini tidak terlalu drastis. Anda bisa memulai dengan menghaluskan daging dengan sayuran, misalnya daging sapi dengan tomat, ayam dengan wortel, atau ikan dengan kacang polong.

  1. Buat rutinitas

Setelah berhasil mengalihkan makanan buah hati Anda dari susu ke MPASI, kini saatnya Anda membuat rutinitas makan tiga kali sehari, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam.

Bayi Anda mungkin sudah tidak memerlukan susu sebanyak sebelumnya, tapi ingatlah bahwa sebelum mencapai usia satu tahun, bayi Anda masih harus mendapatkan minimal 600 mililiter ASI setiap hari. (♛Hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s