Ingin Menyumbang Tapi Tak Punya Uang? Ini Alternatifnya!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

♛ barb3ta

Setiap manusia didunia ini pada dasarnya memiliki kebaikan dan kepedulian terhadap orang lain. Namun pada kenyataannya, niat baik yang terpendam ini tidak dapat tersalurkan karena berbagai macam alasan.

Anda tidak perlu menjadi jutawan untuk berbuat baik kepada sesama. Anda dapat membantu sesama dengan talenta dan tenaga yang Anda miliki sekarang. Ingin tahu kebaikan-kebaikan apa saja yang dapat kita lakukan dengan cara sederhana? Simak selengkapnya.

10 Merawat Lansia

10

Menjadi tua adalah pasti dan dewasa itu pilihan. Setiap manusia didunia ini kelak akan mengalami masa-masa senja. Masa-masa dimana secara fisik dan psikis tubuh akan mengalami penurunan dan kemampuannya.

Lihatlah lingkungan disekitar Anda. Sudahkan Anda peduli dan peka? Tidak sulit menemukan lansia yang terlantar dijalanan dan minim kasih sayang. Begitupula lansia yang dibuang begitu saja oleh anggota keluarganya.

Tidak perlu muluk-muluk, Anda dapat melakukan kebaikan dengan cara yang sederhana. Jika Anda memiliki waktu luang, kunjungilah panti jompo terdekat dilingkungan Anda. Anda bisa membantu merawat mereka sesekali. Atau, cukup dengan mendengarkan dan mengajak berbicara saja hal itu sudah cukup membuat mereka bahagia.

9 Kumpulkan Barang Bekas

9

Ingin menolong sesama tapi kondisi dompet tidak bersahabat? Anda dapat melakukan salah satu cara ini. Perhatikanlah keadaan tempat dimana Anda tinggal. Amatilah barang-barang yang ada. Ternyata, ada banyak barang-barang yang menganggur yang sudah tidak dipakai lagi.

Anda dapat mengumpulkan barang-barang tersebut kemudian menjualnya. Atau, Anda dapat mengkoordinasikan teman-teman maupun komunitas Anda untuk melakukan charity bersama dengan mengumpulkan barang bekas. Lebih asyik, bukan ?

8 Membacakan Buku

8

Berbahagialah dan bersyukurlah Anda yang dianugerahi Sang Pencipta sepasang mata yang sehat untuk melihat. Diluar sana, masih banyak saudara-saudara kita yang saat ini belum dapat menikmati indahnya dunia. Hal yang menurut Anda mungkin bersifat remeh-temeh, akan tetapi menjadi dambaan bagi jutaan orang diluar sana.

Anda dapat dengan gratis melihat orang yang terkasih, pemandangan yang menyejukkan, bahkan membaca buku dengan bebas. Bagaimana dengan teman-teman tuna netra diluar sana yang merasa haus akan peradaban dan ilmu pengetahuan tapi kesulitan dalam membaca? Memang, kini sudah ada huruf Braille yang dapat membantu. Akan tetapi, tidak semua buku tersedia dalam tulisan Braille, bukan?

Sesekali Anda dapat membacakan sepotong cerita maupun bacaan kepada teman-teman yang kesulitan dalam melihat. Membacakan buku bagi anak-anak tuna netra yang belum dapat mengenal huruf Braille juga dapat dijadikan sebuah pilihan.

7 Pengajar Anak Jalanan dan Putus Sekolah

7

Salah satu cara paling efektif untuk mengentaskan kemiskinan adalah pendidikan. Bagi Anda yang berminat dan berkecimpung di dunia pendidikan, Anda dapat menjadi relawan tenaga pengajar bagi anak- anak jalanan maupun putus sekolah. Anda dapat meluangkan waktu disela-sela kesibukan. Anda dapat menemani mereka belajar dan dapat memotivasi mereka dalam mewujudkan mimpi-mimpi mereka.

6 Konser Amal

6

Bagi Anda yang memiliki minat dalam bermusik, menari, dan menyanyi, tidak ada salahnya jika Anda mengadakan konser amal bersama teman-teman. Misalnya saja, Anda dan teman-teman teater mengadakan sebuah pertunjukan. Tiket pertunjukan yang terbeli dapat didonasikan bagi mereka yang membutuhkan.

5 Driver Sukarela

5

Pernahkah Anda mendengar rumah singgah bagi para penderita kanker yang gratis dan tidak dipungut biaya? Ya benar. Rumah singgah tersebut didirikan karena para penderita kanker biasanya kebingungan untuk mencari tempat tinggal sementara sembari berobat. Seperti kita ketahui bahwa biaya penginapan sekarang ini tergolong mahal. Para penderita kanker pun tidak sedikit yang kekurangan biaya untuk membayarnya.

Para survival kanker tersebut juga membutuhkan sarana transportasi dari tempat tinggal sementara mereka ke rumah sakit begitu pula sebaliknya. Jika Anda memiliki kendaraan, Anda dapat meluangkan waktu untuk menjadi driver untuk mengantar dan menjemput mereka.

4 Pendamping Korban Bencana Alam

4

Jika suatu saat terjadi bencana alam, Anda dapat menjadi pendamping bagi para korban bencana alam. Anda dapat melakukan pendampingan bagi para korban yang saat itu sedang mengalami trauma. Anda hanya cukup menjadi pendengar yang baik dan menjadi teman yang baik untuk berkeluh kesah.

3 Pameran Hasil Karya

3

Anda gemar melukis dan fotografi? Menggalang dana dengan menggelar pameran hasil karya merupakan salah satu trik yang jitu. Anda dapat mengumpulkan teman-teman Anda yang jago dalam melukis maupun fotografi. Anda dan rekan dapat menggelar pameran dan menjual hasil karya tersebut. Hasil penjualan dapat dikumpulkan bagi mereka yang membutuhkan.

2 Viralkan Kepedulianmu

2

Pada era internet seperti ini, menjadi populer dan dikenal masyarakat dapat dikatakan gampang-gampang susah. Masih ingatkah Anda ingat akan “Gerakan Koin Prita” beberapa tahun silam? Ya, gerakan kepedulian itu mendadak viral dan diliput oleh media massa. Atau, gerakan donasi yang populer pada Juni 2016, yaitu penggalangan dana untuk ‘Saeni Si Pemilik Warteg di Serang, Banten’.

Saeni, salah satu pemilik warteg di Serang, Banten ini, digusur secara paksa oleh Satpol PP karena berjualan saat bulan puasa. Sontak, netizen marah dan mengecam perbuatan ini. Salah seorang netizen yang bernama Dwika Putra (akun twitter @dwikaputra) pun berinisiatif untuk menggalang dana. Fantastis, dana yang terkumpul pun mencapai angka ratusan juta rupiah.

1 Donor Darah

1

Anda dapat mendonorkan darah bagi mereka yang membutuhkan. Dalam keadaan darurat, suplai darah sangatlah dibutuhkan. Bahkan dalam sekali donor, Anda dapat menyelamatkan tiga orang sekaligus. Setetes darah Anda, sangat berarti bagi mereka. (♛Hob3)

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
source
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s