Faktor Lingkungan Bisa Pengaruhi Anak Alami Penyimpangan Seksual

Faktor Lingkungan Bisa Pengaruhi Anak Alami Penyimpangan Seksual

♛ barb3ta

Faktor lingkungan dapat memengaruhi anak untuk mengalami penyimpangan seksual. Namun, penyimpangan seksual yang dialami anak karena faktor lingkungan belum tentu permanen. Hal itu seperti diungkapkan psikolog Tika Bisono.

Ia menilai, anak usia remaja merupakan fase paling kritis sehingga butuh pendampingan yang besar sebelum mereka mendapatkan jati dirinya.

“Remaja kan hasil pancaroba dari anak-anak menjadi dewasa. Ini fase paling runyam, paling kritis, makanya pendampingan terhadap remaja harus sebesar-besarnya dan selama mungkin sampai mereka mendapatkan jati dirinya dan konsep dirinya yang jelas. Nah, itu baru bisa ditinggal karena fase itu merupakan fase yang harusnya terbanyak mendapatkan perhatian,” papar Tika, Kamis (1/9/2016).

Menurut Tika, pada usia remaja, tindakan yang diambil lebih besar atas pengaruh lingkungan pertemanan. Jadi, nilai-nilai yang dianut kebanyakan berbasis pertemanan. Untuk kasus anak yang direkrut AR, menurut Tika, arah penyimpangan seksualnya belum tentu permanen.

“Belum tentu dia pasti gay karena masalah lingkungan jadi ngikut sementara. Walaupun nanti balik ke hati nurani dia, apakah akan tetap di situ atau keluar,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Tika, anak-anak itu masih bisa dipulihkan melalui pendekatan kognitif dengan cara bicara dan diskusi. Mereka juga bisa diajak ke lingkungan yang lebih normatif dan kegiatan yang melibatkan lebih banyak lawan jenis.

“Ini masih bisa pulih dengan catatan tidak terlambat prosesnya,” ujarnya.

Sekadar diketahui, germo berinisial AR (41) merupakan residivis yang ditangkap oleh Subdit Cyber Crime Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri di sebuah hotel kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada Selasa 30 Agustus 2016 malam. Pelaku diamankan bersama korban antara lain satu pria dewasa dan tujuh anak di bawah umur.

AR membanderol anak yang dijajakannya dengan tarif Rp1,2 juta kepada kaumgay. Tidak hanya tujuh anak tersebut, bahkan dalam daftar yang dimiliki AR terdapat 99 nama anak yang siap untuk dijual berkencan dengan kaum gay(♛Hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s