Dua Selubung Penumpul Kerinduan pada Pencipta

Dua Selubung Penumpul Kerinduan pada Pencipta

♛ barb3ta

RUMI menjelaskan, ada dua selubung yang mungkin menumpulkan kerinduan kita dan mengaburkan pandangan kita ke jalan pemenuhan diri, yakni kesehatan dan kekayaan.

Semua selubung lain adalah turunan dari keduanya. Kecuali jika kita bisa benar-benar terjaga, selubung-selubung ini akan menghalangi kita menjadi seorang salik.

Saat kesehatan kita bugar dan prima, kita merasa tak tergoyahkan. Saat kita merasa aman dalam kekayaan, kekuasaan, atau situasi dan kondisi kita saat ini, kita merasa tak terkalahkan.

Ini bisa menjerumuskan kita ke dalam kedangkalan dan kemandekan. Segala pembicaraan tentang alam gaib tampak jauh, tak relevan, dan bahkan mengganggu pada saat ini.

Namun, apabila selubung itu terkoyak karena tiba-tiba kesehatan mengalami gangguan atau keamanan seseorang lenyap, sesuatu terbangun dalam diri kita dan kita pun merindukan makna yang lebih dalam.

Kita mulai mencari pertolongan dari Sumber Yang Lebih Tinggi. “Tolonglah aku,” kita memohon, “Aku tidak bisa melakukan ini sendirian.”

Bisakah kita terbangun menuju pemenuhan kehidupan kita secara lebih dalam? Bisakah kita menyadari kerinduan kita, menyapa kepedihan kita dengan pemahaman dan kasih sayang seraya mengizinkan kepedihan itu membuat kita menjadi manusia sejati.

Puji syukur kepada semua orang berduka yang bangun secara dini, pekik pujangga Andalusia,  Adi bin ar-Riqa’. (♛Hob3)

 

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s