Berdo’alah kepada al-Barr

berdoalah kepada al barr

♛ barb3ta

Sesungguhnya terdapat kebaikan ketika kita punya uang atau pun ditipu. Dalam sehat atau sakit juga ada kebaikan. Hingga saat dipuji atau dicaci pun melimpah kebaikan, kalau keduanya kita sikapi dengan benar. Karena tidak ada yang Allah timpakan kepada orang yang beriman selain kebaikan.

Kita sering kecewa karena sering sibuk memikirkan nafsu dan berprasangka buruk kepada Allah. Kita tidak memikirkan apa saja yang telah diberikan Allah kepada kita siang dan malam. Kita tidak mensyukuri setiap perbuatan dan takdir dari-Nya. Padahal Dialah al-Barr, Yang Maha Melimpahkan Kebaikan.

Oleh sebab itu, milikilah waktu agar bisa lebih banyak bertafakur. Allah mengetahui siapa saja di antara hamba-Nya yang senang menyendiri, dan memohon supaya hatinya terbuka memahami karunia-Nya. Allah nanti akan menolong untuk mengenal-Nya. Sehingga hidup ini menjadi lebih indah dan ringan, karena tidak ada lagi prasangka buruk kepada-Nya.

Dari Abu Hurairah sesungguhnya Rasulullah saw bersabda;

“Allah SWT berfirman, Berilah infak niscaya Aku akan berinfak kepadamu.” 

Dan Nabi Saw bersabda;

“Tangan Allah senantiasa penuh, tidak pernah berkurang oleh pemberian. Dia terus-menerus memberi pada malam dan siang hari.”

Beliau juga bersabda;

“Tidakkah kalian perhatikan bahwa apa yang Dia berikan sejak diciptakannya langit dan bumi, sedikit pun tidak pernah mengurangi apa yang ada di dalam tangan-Nya.”(HR. Imam Bukhari)

Kalau kita memahami kebaikan-kebaikan Allah dan tenggelam dalam rasa syukur, maka kita juga semakin ringan berbuat kebaikan. Kita terus mensyukuri apa pun yang ditakdirkan Allah dengan terus berprasangka baik kepada-Nya, serta kepada orang yang beriman. Senantiasa berupaya berpikir baik, berkata baik, mendengar yang baik, serta bersikap dan berbuat yang baik.

Walaupun orang yang dibaiki berlaku kurang baik kepada kita, karena keburukan itu pilihan dia. Sedangkan kita punya pilihan sendiri, yaitu menghendaki akhir yang baik, khusnul khatimah, dan akhir yang baik diberikan Allah kepada orang yang baik. Maka perbuatlah kebaikan yang bisa kita perbuat dengan mencontoh kebaikan dari al-Barr.

Apa yang kita lakukan akan kembali pada kita sendiri. Jika kita berbuat baik, maka kebaikan yang akan kembali kepada kita. Jika kita berbuat buruk, maka keburukan pula yang akan menimpa kita.

“Tidak ada balasan untuk kebaikan kecuali kebaikan pula” (QS. ar-Rahmn [55]: 60)

Tentunya kebaikan kita harus benar-benar asli. Bukan berbuat baik demi penilaian, penghargaan, kekaguman dan pujian orang, balasan maupun ucapan terima kasih.

Urusan kita adalah berbuat kebaikan, karena “Sesungguhnya Allah sangat mencintai orang-orang yang berbuat baik.”(QS. al-Baqarah [2]: 195). Keridaan Allah tidak bisa dibandingkan dengan apa pun yang ada di dunia ini.

Mari kita lebih sering bertafakur, serta meminta pertolongan Allah supaya kita bisa memahami kebaikan-kebaikan-Nya dan tenggelam dalam rasa syukur. Sehingga apa pun yang ditimpakan Allah kepada kita, kita pasti menemukan berlembar-lembar kebaikan.

Allah suka kita meminta kepada-Nya. Semakin banyak meminta semakin disukai oleh Allah, dan Allah berjanji mengabulkan.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdo’a kepada-Ku.” (QS. al-Baqarah [2]: 186)

Memang seharusnya kita berdo’a kepada Allah dalam segala keadaan. Dalam senang atau susah, gembira atau gelisah, saat diberi ujian maupun musibah, berdo’alah kepada al-Barr agar didapati banyak kebaikan. Karena sama sekali tidak ada yang bisa kita lakukan tanpa pertolongan-Nya.   (♛Hob3)

al kindy
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s