Kenalilah Karakter Anak Berkebutuhan Khusus

082216 Kenalilah Karakter Anak Berkebutuhan Khusus

♛ barb3ta

SOREANG – Karena karakteristik dan hambatan anak berkebutuhan khusus berbeda-beda, orangtua dan guru harus belajar untuk mengenalinya. Mereka memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi masing-masing.

“Saya menjadi tahu lebih banyak lagi ternyata anak ABK itu jenisnya bermacam-macam dan ternyata banyak juga anak didik kami yang mengalami ABK,” ungkap Iis Sukaesih, guru SDN Cinunuk 7, Kabupaten Bandung, seusai mengikuti workshop di Gedung Auditorium SLBN Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu 21 Agustus 2016.

Setelah belajar mengelari karakter dan ciri anak berkebutuhan khusus, Iis mengaku bertekad akan lebih memperhatikan anak didiknya. Dia ingin anak didiknya mengalami kemajuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik setiap anak.

Hal senada diutarakan Siti Sofiah, guru SDN Cinunuk 2. Dia mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk mengajar dan di masyarakat. Anak dapat ditangani dengan tepat sesuai dengan kebutuhannya. Ia juga berharap agar kegiatan ini berkelanjutan.

Yuni, salah seorang orangtua, mengaku kesulitan mendidik anaknya yang berkebutuhan khusus. Meskipun dinilai rajin belajar, putranya sulit berkonsentrasi sehingga nilainya tidak sesuai dengan harapan.

“Anak saya itu tidak fokus. Susah konsentrasi. Akibatnya, nilainya selalu jelek. Saya tidak tahu bagaimana cara mengajarnya di rumah. Padahal, dia rajin, bahkan lebih rajin dari kakaknya,” ujarnya. (♛hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s