Pramuka Berhasil Kalahkan Kawanan Kera Cibubur

Pramuka-Berhasil-Kalahkan-Kawanan-Kera-Cibubur-1-1040x675

♛ barb3ta

Jakarta – Mengantisipasi serangan kera liar terhadap peserta Jambore Nasional X di Bumi Perkemahan Cibubur, panitia Jamnas mempersiapkan 100 pawang kera. Mereka disebar di beberapa titik lokasi yang rawan terhadap serangan kera liar.

“Meski Bumi Perkemahan Cibubur telah disterilisasi dan dipastikan keamanannya, namun langkah preventif tetap dilakukan panitia. Karena itu, Panitia Jamnas menyiapkan 100 pawang kera untuk mengamankan 25.000 peserta,” kata Ketua Pelaksana Jamnas, Kak Editha Rahaded, Sabtu (13/8).

Seperti keterangan yang dirilis Humas Polda Metro Jaya, tiga peserta Jambore Nasional 2016 diserang kera liar saat sedang mendirikan tenda, Jumat (12/8) kemarin. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Awi Setiono mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan di Posko Kesehatan, ketiga peserta itu ialah Dewa Ate (24) asal Nusa Tenggara Timur, Natalia (13) asal Sulawesi Tenggara, dan Hiska (13) asal Kalimantan Barat.

“Pada saat para peserta sedang membangun tenda sekira pukul 10.00 WIB kemarin, tiba-tiba didatangi kera dari arah hutan Buperta (Bumi Perkemahan dan Grawa Wisata Pramuka, red) lalu mencakar paha kanan korban,” ucap Awi kepada awak media.

Ketiga korban itu langsung dibawa ke RS Olahraga Nasional dan mendapat perawatan. Kini, ketiganya sudah bisa kembali ke Bumi Perkemahan untuk mengikuti acara pesta Pramuka se-Indonesia itu.

“Korban hanya dirawat beberapa jam di RSON. Setelah dinyatakan aman, korban dapat kembali ke acara itu,” tegas Awi.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault, memberikan jaminan keamanan bagi seluruh peserta dan penghuni Buperta Cibubur. “Kami bertanggung jawab penuh terhadap keamanan seluruh peserta. Saya sudah bahas khusus hal ini. Tidak boleh ada masalah yang ditangani setengah-setengah di Jamnas ini. Kita wajib memberikan yang terbaik untuk peserta Jamnas,” tegasnya.

Menindaklanjuti arahan Ketua Kwarnas, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pemprov DKI memburu kera penyerang peserta dengan menembakkan peluru bius, sekitar pukul 17.00 WIB kemarin, demi memastikan kejadian serupa tidak terulang.  (♛Hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s