Sedekah, Takwa dan Ibadah, Solusi dari Kesulitan

 

♛ barb3ta

MASALAH memang tidak pernah menyerah, selalu saja datang dalam wujud yang relatif sama atau berbeda sama sekali. Tak perlu gusar dengan masalah, hadapi dengan tenang, taklukkan dan ubahlah ia menjadi potensi positif yang bisa membahagiakan kita.

Bukankah orang yang mendapatkan musibah sangat terbuka untuk menjadi orang yang diperhatikan dan dikasihsayangi oleh banyak orang? Walau ini tidak bermakna kita mengharapkan musibah.

Orang yang sudah mendapat musibah masih dapat hinaan atau celaan adalah orang yang sial benar karena tertimpa musibah dua kali. Bahasa ngetrendnya: “sudah jatuh tertimpa tangga pula.”

Tetangga saya yang kehilangan sapi, dimarahi dan dikritik serta disalahkan banyak orang mengapa tidurnya terlalu nyenyak sampai tidak mendengar ada maling masuk dan mengapa kandangnya tidak memakai kunci double.

Tetangga saya sambil menggaruk kepala menjawab: “Mengapa tak ada yang menyalahkan maling yang mencuri, kok malah orang yang tidur nyenyak yang disalahkan?”

Sedekah, Takwa dan Ibadah, Solusi dari Kesulitan

Kalau kita selalu saja mendapat masalah dan selalu saja mendapatkan kesulitan hidup, cobalah renungkan firman Allah berikut ini: “Barang siapa memberi dan bertakwa dan ia membenarkan balasan kebaikan, maka ia akan dimudahkan oleh Allah untuk berjalan dalam kemudahan.” (QS. 92:5-7)

Ayat tersebut ada cara jitu yang Allah menyatakan sendiri agar kita keluar dari kesulitan menuju kemudahan: memberilah, sedekahlah, dan bertakwalah, tingkatkan ibadah. Tunggulah janji Allah, Allah tak pernah ingkari janji. Semoga semua urusan kita dimudahkan Allah, dan tidak bernasib seperti tetangga saya yang kehilangan sapi tadi.  (♛Hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s