Akal Sehat Tertutupi Kemilau Duniawi

 

♛ barb3ta

Gaya dan pola hidup kita, senyum dan cibir kita, tawa dan tangis kita, tatapan, kedipan dan tutupan mata kita, cara bicara dan pilihan kata kita serta semua yang kita tontonkan dari kita pada dunia merupakan pesan (message) kita yang akan dibaca oleh banyak orang untuk mengerti apa yang kita mau atau kehendaki.

Manajemen diri menjadi penting. Manajemen diri itu adalah upaya menjaga diri untuk selalu berada dalam koridor positive personality. Personality itu bukan akhlak (etika), melainkan khuluq (personality atau kepribadian).

Akhlak adalah bagian yang tampak, khuluq adalah akar atau dasar yang tidak tampak. Diumpamakan gundukan gunung es yang ada di lautan, yang tampak di atas permukaan air adalah akhlak, sementara yang kokoh kuat berdiri dalam air adalah khuluq. Dalam bahasa populer personality, akar dasar kokoh itu disebut sebagai “inner beauty.”

Suatu waktu Rasulullah bersabda kepada Wabishah: “Wahai Wabishah, mintalah fatwa pada jiwamu, mintalah nasehat pada hatimu.” bagian terdalam pada diri manusia jauh lebih penting dibandingkan dengan bagian terluar dari dirinya.

Akal Sehat Tertutupi Kemilau Duniawi

Namun mengapa biaya perawatan bagian luar lebih mahal dibandingkan biaya perawatan bagian dalam? Lalu mengapa semahal apapun biaya untuk merawat dan mengobati bagian luar selalu dibayar, sementara semurah apapun perawatan dan pengobatan batin malah tidak mendapatkan perhatian?

Jawaban atas pertanyaan itu ada dua:

pertama adalah karena kebanyakan manusia adalah tidak tahu;

kedua adalah karena kebanyakan manusia akal sehatnya tertutupi oleh kemilau duniawi sampai tak mampu membaca peta pulang menuju akhirat. Tertutupnya akal sehat ini dalam bahasa umum disebut GILA.

Diskusi panjang diperlukan untuk menjelaskan hal ini lengkap dengan solusinya.    (♛Hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s