Pahala Shalat Dua Rakaat di Masjid Quba Setara Umrah

♛ barb3ta

  Mumpung berada di tanah suci untuk melakukan ibadah haji, jangan lewatkan berkunjung ke sejumlah tempat yang pernah dijejaki sejarah penyebaran Agama Islam oleh Nabi Muhammad SAW. Salah satu tenpat bersejarah yang wajib Anda kunjungi selagi berada di Madinah adalah Masjid Quba.

salat-dua-rakaat-di-masjid-ini-setara-pahala-umrah-

Sebagaimana dikutip dari arabnews.com, Senin (8/8/2016), Masjid Quba merupakan masjid kedua terbesar kedua di Madinah setelah Masjid Nabawi. Masjid ini dianggap amat penting karena di bangun di tahun pertama penanggalan hijriah.

Salah satu yang menjadi keutamaan masjid ini ialah nilai ibadah yang dilakukan di dalamnya, setara dengan menjalankan umrah. Konon, Anda cukup melaksanakan shalat sunah dua rakaat di Masjid Quba, maka ganjarannya setara dengan ibadah umrah.

Barangsiapa yang bersuci di rumahnya (Rasulullah SAW) kemudian pergi ke Masjid Quba, lalu ia shalat di dalam Masjid Quba, maka baginya pahala seperti pahala umrah,” demikian menurut Hadits Nabi yang diriwayatkan Abu Bin Sahl Hunaif radhiyallahu’anhum.

masjid qb

Di area masjid ini juga terdapat sumur milik Abu Ayyub Al-Anshari. Sumur ini konon diberkati karena menjadi tempat pertama bagi unta yang ditumpangi Rasullah berlutut dan minum setelah perjalanan panjang. Rasulullah juga diriwayatkan pergi ke masjid ini setiap Sabtu baik berjalan kaki maupun menunggang unta, kemudian mendirikan dua rakaat shalat sunnah.

Rasulullah SAW biasa pergi ke Masjid Quba, terkadang berjalan kaki, terkadang berkendara (dengan unta). Beliau kemudian mendirikan shalat dua rakaat,” ujar Hadist Nabi diriwayatkan oleh Abdullah Bin Umar.

Meski Masjid Quba telah mengalami banyak perubahan karena sejumlah rekonstruksi, namun tidak mengurangi nilai sejarah yang dikandungnya. Bagi Anda para jamaah haji, sempatkan berkunjung sambil menapaki jejak sang Junjungan yang ditinggalkan sejarah.  (hob3)

Wallohu a’lam bishshawab

Al Kindy
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s