Kak Seto: Guru Belum Siap Full Day School

kak-seto-guru-belum-siap-full-day-school-

♛ barb3ta

Wacana penerapan sekolah sepanjang hari (full day school) memicu kontroversi. Pemerintah pun diminta membuat kajian mendalam sebelum menerapkan konsep tersebut di semua sekolah negeri dan swasta.

Psikolog Seto Mulyadi mengingatkan, dengan waktu belajar hingga pukul 13.00 WIB seperti saat ini, sudah banyak murid mengeluh hingga kemudian bosan ke sekolah. Dengan fakta seperti, dia mengatakan tidak setuju dengan rencana full day school yang dicetuskan Mendikbud Muhadjir Effendy itu.

Menurut pencipta karakter Si Komo ini, kebosanan siswa terjadi karena sekolah dan gurunya belum siap memberikan pendidikan apa kepada anak pada jam tambahan dalam konsep full day school tersebut.

“Apakah selama ini sudah ada pelatihan kepada guru tentang bagaimana cara mendidik anak, itu pun dipertanyakan; sebab semakin banyak guru yang mendidik anak didiknya dengan kekerasan mulai mencubit hingga memukul di jam pelajaran,” ujar Seto.

Dia menegaskan, seharusnya bukan anak yang terkurung lama di sekolah yang membosankan atas nama pendidikan karakter seperti konsep full day school. Sebaliknya, pemerintahlah yang harus memberikan pendidikan informal kepada orangtua sehingga bisa lebih dekat dengan anak.

“Apalagi, Kemdikbud sudah membentuk Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga,” pungkasnya. (hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s