Perlukah Mengikuti Kompetisi Bisnis?

Dengan berkompetisi Anda akan dapatkan ilmu yang berharga.

Perlukah Mengikuti Kompetisi Bisnis

Banyak pebisnis, jika tidak punya modal uang maka yang dilakukan adalah meminjam ke bank. Bagaimana dengan Anda?

Saya sendiri melakukan cara yang berbeda, untuk mendapatkan uang yaitu dengan menggunakan business plan yang saya miliki untuk mengikuti kompetisi bisnis. Dan hasilnya?

Ketika menang bukan hanya mendapatkan liputan media, tapi juga dapat tambahan uang. Selama dua tahun saya berkompetisi dan akhirnya memenangkan kompetisi tersebut secara berturut-turut, termasuk liputan media yang selalu berdatangan. Lantas, perlukah kita mengikuti kompetisi bisnis?

Banyak pebisnis jika nggak punya modal uang maka yang dilakukan adalah meminjam ke bank.  Bagaimana dengan Anda?

Saya sendiri melakukan cara yang berbeda, untuk mendapatkan uang yaitu dengan menggunakan business plan yang saya miliki untuk mengikuti kompetisi bisnis, hasilnya?  Ketika menang bukan hanya eksposer media yang didapat tapi juga dapat tambahan uang.

Selama dua tahun saya berkompetisi dan alhamdulillah memenangkan kompetisi tersebut berturut-turut, termasuk liputan media yang terus berdatangan karena dianggap memiliki bisnis unik dan tidak biasa.

Sebenarnya perlukah mengikuti kompetisi bisnis?

Terlepas dari berkompetisi dengan tujuan menang dan dapat tambahan modal, satu hal yang pasti dengan berkompetisi Anda akan mendapatkan ilmu yang tidak ternilai harganya.  Selain itu  liputan media yang berdatangan sangat baik untuk branding perusahaan Anda.

Media dapat menjadi wadah penyebaran informasi mengenai kegiatan perusahaan Anda secara detail. Sebagai contoh, perusahaan Anda punya merek “perusahaan yang go green” maka media yang menampilkan tulisan atau foto yang menunjukkan kalau proses produksi. menggunakan bahan-bahan alami akan lebih memperkuat branding perusahaan Anda.

Salah satu cara menjadi sukses adalah membangun branding perusahaan. Ketika branding perusahaan Anda dikenal masyarakat luas, maka apapun yang Anda jual, atau bagaimana pun perkataan Anda sebagai pemilik, akan lebih mudah diterima oleh khalayak karena sudah terjamin kredibilitasnya. Itu artinya, kesuksesan sudah di depan mata.

Setelah mengikuti kompetisi bisnis, Anda juga harus terus memperkuat branding perusahaan Anda dengan cara memperkenalkan perusahaan Anda melalui tulisan-tulisan Anda sendiri, Anda bisa menulis mengenai tips seputar bidang yang menjadi fokus bisnis di web perusahaan Anda. Perlahan-lahan, khalayak dapat mengenali “brand” perusahaan Anda.

Dan yang paling penting adalah Anda juga harus secara konsisten berinteraksi dengan media massa yang pernah meliput Anda dan juga di media sosial sesuai dengan “brand” Anda.

Contohnya Anda sebagai pebisnis kuliner, maka baiknya berbagi cerita seputar dunia kuliner. Jangan pernah menulis pendapat mengenai bidang lain, seperti politik, hukum, pajak dan yang lainnya. Dengan tujuan memberi peneguhan kalau Anda ahlinya di bidang makanan.

indari mastuti

 

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s