Ternyata Dibalik Kepopuler Dongeng Berikut, Menyimpan Misteri Didalamnya

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

♛ barb3ta

Kalian pasti sudah nggak asing lagi dong ya sama dongeng Cinderella yang dulunya jadi Upik Abu yang penuh derita tapi kemudian nasibnya berubah total setelah bertemu dengan pangeran yang kemudian menikahinya? Dongeng pengantar tidur seperti Cinderella memang selalu menarik dan menyenangkan buat didengerin, tapi tahu nggak sih kalau sebenernya dongeng-dongeng itu punya kisah asli yang mengerikan?

1. Cinderella

1. Cinderella

Kisah Cinderella sebenernya sangat ngeri, Guys. Di cerita aslinya, si ibu tiri pengen banget anak-anaknya memakai sepatu kaca demi bisa menikah dengan pangeran. Saking ngebetnya, si ibu sampai rela memotong jari kaki anaknya yang ukurannya terlalu besar dan melindas kaki putrinya dengan gerobak kuda yang berat banget muatannya. Dari dongeng inilah muncul istilah “Pain for Beauty” alias “Biar sakit asal cantik” yang terkenal sampai sekarang. Ngeri ya…

2. Snow White and the Seven Dwarfs

Dalam epik aslinya, kisah Putri Salju dan 7 Kurcaci, ratu meminta pasukannya buat membunuh Putri Salju dan membawa jantungnya ke hadapan ratu. Karena merasa kasihan, pasukan akhirnya melepaskan sang putri dan menukar jantungnya dengan jantung rusa.

2. Snow White and the Seven Dwarfs

Di akhir cerita, Putri Salju memang tewas setelah makan apel beracun pemberian ratu, tapi akhirnya ia bangun lagi berkat ciuman seorang pangeran. Putri Salju pun diboyong ke istana dan ratu dihukum dengan hukuman yang sangat kejam, yaitu kakinya dipasung dengan sepatu besi dan dipaksa menari sampai mati di hadapan Putri Salju.

3. Hansel & Gretel

Kalau melihat versi aslinya, kisah Hansel dan Gretel ini sebenernya cukup mengerikan lho, Guys. Mereka berdua sering disiksa oleh orang tuanya yang psiko. Sang ayah terus mencambuk mereka dan ibunya pun sering menyayat kulit kedua anak ini lalu tertawa terbahak-bahak waktu ngelihat darah yang mengucur dari kulit yang tersayat itu.

3. Hansel & Gretel

Mereka pun menemukan sebuah rumah dari cokelat milik seorang tukang sihir yang ternyata seorang kanibal yang akan membunuh dan memakan jasad mereka. Kisah Hansel & Gretel ini adalah dongeng pertama yang mengangkat tema kanibalisme. Nggak ada yang pernah menyangka kan ya?

4. Little Red Riding Hood

Dongeng klasik ini sebenernya disadur dari kisah nyata seorang gadis cilik berkerudung merah yang diserang serigala. Kejadian ini terjadi di Eropa sekitar abad ke-18. Saat itu ada seorang gadis kecil yang disuruh orang tuanya untuk mengunjungi sang nenek yang sakit dan tinggal di hutan. Awalnya dia disuruh pergi subuh-subuh, tapi entah kenapa dia lebih memilih pergi pada malam hari.

4. Little Red Riding Hood

Di tengah jalan, si gadis dikejar serigala. Meski berhasil lolos, dia nggak pernah tau kalau sebetulnya masih ada serigala yang bersembunyi di dalam rumah sang nenek. Ketika datang, serigala buas itu segera menghabisi nyawa si gadis berkerudung merah. Beda banget kan ya sama kisah yang kita lihat di film?

5. The Little Mermaid

Siapa yang pernah menyangka kalau kisah menarik Ariel si Putri Duyung ternyata punya rahasia yang mengerikan? Di versi aslinya, Ariel punya pisau tajam yang terselip rapi di balik rambutnya yang panjang dan tebal. Pisau ini akan ia pakai untuk membunuh siapa saja yang mengganggunya.

5. The Little Mermaid

Nggak cuma itu, kisah cinta Ariel berakhir tragis karena sang pangeran meninggalkannya dan lebih memilih menikahi gadis lain. Karena patah hati, ia pun bunuh diri dengan pisau yang dimilikinya. Dari kisah inilah muncul istilah “Mermaid Tears” atau “Air mata duyung”.

Kalian tahu hewan sirenia kan? Hewan ini sering disebut Putri Duyung karena punya morfologi tubuh yang mirip dengan gambaran Putri Duyung, yakni sering terlihat ngeluarin air mata.

Terima kasih buat Hans Christian Anderson, Brother Grimms, dan Walt Disney, yang sudah sedemikian rupa memodifikasi kisah-kisah menyeramkan ini menjadi tontonan dan bacaan yang sangat menarik dan menyentuh hati. Coba deh bayangin gimana jadinya kalau kisah ini nggak diubah alurnya? Ngeri!    (♛Hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s