Sampai Kapan Orang Tua Sebaiknya Antar Anak ke Sekolah?

Banyak manfaat dari mengantar anak pergi ke sekolah.

Sampai Kapan Orang Tua Sebaiknya Antar Anak ke Sekolah

♛ barb3ta

Memasuki tahun ajaran baru kali ini, para orangtua diimbau untuk mengantar anaknya ke sekolah. Imbauan ini tidak hanya sekadar mengantar anak memasuki gedung sekolah saja, tapi orangtua juga harus melihat langsung kegiatan sekolah sang buah hati dan bersosialisasi dengan para orangtua murid lainnya, juga para guru.

Menurut psikolog Saskia Rosita, M.Psi, mengantar anak ke sekolah memiliki manfaat penting bagi perkembangan psikologi anak. Usia sekolah adalah fase di mana anak merasa aman memasuki lingkungan baru. Kemampuan beradaptasinya tengah berkembang di tahap ini sehingga ketika orangtua mengantar buah hatinya ke sekolah, mereka akan merasa mendapat dukungan dari orangtuanya.

“Ketika anak merasa sekolah dan orangtua menjadi satu kesatuan, anak akan merasa bahwa memang sekolah seperti rumah bagi mereka, di mana yang menjadi orangtuanya adalah guru. Dia akan merasa aman,” kata Saskia.

Sampai kapan orangtua harus mengantar anak ke sekolah juga tergantung pada kondisi anak. Jika anak masih merasa cemas, orangtua bisa terus menemani hingga anak benar-benar merasa aman dan nyaman di sekolah.

Peran ini pun bisa diganti oleh figur orangtua lainnya, misalnya nenek atau kakek. Tapi keterlibatan orangtua dengan sekolah tetap menjadi yang utama agar terjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan orangtua mengenai pendidikan anak.   (♛Hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s