Kisah Laut Merah dan Bahtera Nuh Ditemukan di Sinagog

Kisah Laut Merah dan Bahtera Nuh Ditemukan di Sinagog

♛ barb3ta

Penggalian di sebuah sinagog atau kanisah (nama tempat ibadat orang Yahudi) kuno abad ke-5 di Israel telah menghasilkan sebuah penemuan yang luar biasa, mosaik rumit yang menggambarkan kisah-kisah bahtera Nuh dan terbelahnya Laut Merah.

Para peneliti mengatakan adegan ini sangat jarang terjadi dalam pengaturan seperti itu, dan hanya segelintir yang pernah ditemukan. Mosaik tersebut menghiasi lantai nave dari sebuah sinagog abad kelima, mengungkapkan gambaran tentara Firaun ditelan oleh ikan besar, kereta terbalik, kuda-kuda, dan kusir-kusir yang mengelilinginya, serta hewan dari berbagai jenis.

Empat universitas yang terlibat dalam penggalian di Huqoq, termasuk Baylor University, University of North Carolina, Brigham Young University, dan University of Toronto.

Para peneliti mengatakan sinagog tersebut berawal sampai suatu waktu ketika Kekaisaran Romawi memerintah daerah itu, dan mosaik tersebut sejak itu telah dihapus dari situs untuk konservasi.

Peninggalan kuno ini menggambarkan sebuah busur dan sepasang hewan, termasuk gajah, macan tutul, keledai, ular, beruang, singa, burung unta, unta, domba, dan kambing.

“Adegan ini sangat jarang terjadi di sinagog kuno,” kata Jodi Magness, direktur penggalian dan profesor di University of North Carolina di Chapel Hill College of Arts and Sciences.

“Satu-satunya contoh lain yang telah ditemukan adalah di Gerasa (Jerash) di Yordania dan Mopsuestia (Misis) di Turki, dan di Khirbet Wadi Hamam di Israel dan Dura Europos di Suriah,” lanjutnya.

Kisah Laut Merah dan Bahtera Nuh Ditemukan di Sinagog2

Para peneliti pertama kali menemukan mosaik di sinagog tersebut pada tahun 2012 dan sejak itu terus menggali tempat tersebut, untuk mengungkap lebih banyak gambar.

Dalam beberapa waktu yang lalu, mereka telah menemukan mosaik yang menggambarkan Samson dan rubahnya, dan Samson membawa gerbang Gaza di pundaknya, keduanya dari Alkitab, bersama dengan adegan yang berisi tulisan Ibrani dikelilingi oleh tokoh-tokoh manusia, hewan, dan makhluk mitologis , termasuk putti, atau cupid (malaikat harapan dan kasih sayang).

Situs ini juga telah menyebabkan para peneliti untuk menemukan mosaik non-Alkitab pertama yang pernah ditemukan di sebuah sinagog kuno, yang menunjukkan pertemuan antara Alexander Agung dan Imam Besar Yahudi.

Para peneliti berencana untuk melanjutkan penggalian musim panas mendatang. Seiring dengan upaya tersebut, Nathan Elkins, spesialis koin di situs, bekerja untuk melindungi koin kuno dari penjarahan dan penyelundupan.

“Koin kuno di Huqoq, yang saya pelajari, rentang 2.300 tahun di situs, sangat penting untuk pengetahuan kita tentang jemaah monumental tersebut dan desa terkait,” kata Elkins, spesialis koin dan asisten profesor sejarah seni.    (♛Hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s