Arkeolog Temukan Makam Kaum Goliat di Israel  

Arkeolog Temukan Makam Kaum Goliat di Israel

♛ barb3ta

Sebuah temuan arkeologi di Israel mungkin menjadi jawaban bagi misteri yang sudah berlangsung lama, yaitu asal usul bangsa Filistin kuno.

Makam ini menyingkap peradaban ketika itu, para sejarawan selalu berharap bisa lebih banyak memahami tentang orang-orang Filistin. Keberadaan orang-orang Filistin dalam Alkitab digambarkan sebagai salah satu penjahat keji, ciri khasnya yang paling terkenal adalah berbadan tinggi besar.

Salah-seorang sosok orang Filistin yang paling dikenal saat ini adalah Goliat yang menurut Alkitab, dikalahkan oleh David muda sebelum ia menjadi raja, demikian dilansir dari laman CNN.

Peninggalan situs sejarah yang telah berusia 3.000 tahun ini terletak di Kota Ashkelon, Israel, sekaligus juga merupakan temuan terbesar selama tiga dekade ini.

“Makam ini dapat memberikan lebih banyak informasi kepada kita tentang orang-orang Filistin, dan sekarang bisa kita ketahui tentang kehidupan sehari-hari mereka, demikian juga hubungan perdagangan mereka dengan kaum tersebut, dan untuk saat ini kami fokus pada tata cara pemakaman mereka,” kata arkeolog Amerika profesor Daniel Master.

Bangsa Filistin dikenal sebagai musuh bangsa Israel kuno. Bangsa Filistin hidup sekitar tiga ribu tahun yang lalu sebagai orang asing di wilayah Yahudi di dekat wilayah yang sekarang disebut Tel Aviv. Dalam Alkitab dikisahkan, Goliat merupakan tokoh paling terkenal bangsa Filistin. Pada kitab perjanjian lama itu diceritakan raksasa tersebut dibunuh oleh Daud, raja Israel.

Orang Filistin adalah pedagang dan pelaut yang tinggal di daerah yang kini disebut Gaza dan Tel Aviv dari 1200 sampai sekitar 600 SM. Jasad dikuburkan bersama perhiasan, keramik, tempat anggur, dan botol minyak wangi serta senjata. Para arkeolog juga menemukan beberapa peralatan kremasi langka dan mahal untuk periode itu, dan beberapa kendi besar berisi tulang-tulang bayi.

Penemuan ini dirahasiakan selama tiga tahun. Baru tahun 2016 diungkap. Penggalian pemakaman bangsa Filistin adalah isu sensitif di wilayah itu. Pada tahun 2010, kaum Yahudi ultra-ortodoks memprotes penggalian kuburan kuno tersebut, dengan alasan makam orang meninggal tidak boleh diganggu bahkan berabad-abad setelah pemakaman. Tapi sekarang penggalian telah selesai dan kuburan ditutup lagi.

Arkeolog Temukan Makam Kaum Goliat di Israel2

Ada beberapa kendi berhias yang pernah menyimpan minyak wangi ditemukan dalam kuburan-kuburan itu. Beberapa jasad masih mengenakan gelang dan anting. Sejumlah lainnya dikubur bersama dengan senjata-senjata, bahkan ada tanda-tanda kremasi. Peninggalan situs sejarah ini ditemukan kalangan arkeolog pada 2013 lalu, dan selama ini bekerja secara diam-diam untuk menghindari gangguan dari kaum Yahudi.

Saat ini sebagian tulang kerangka telah dibawa tim ekspedisi ke laboratorium untuk penyelidikan DNA, radiokarbon dan tes lainnya untuk menyingkap misteri orang-orang Filistin tersebut.    (♛Hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s