Ragam Inovasi Dari Kebudayaan Islam

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

♛ barb3ta

Keberadaan kebudayaan Islam di dunia tak hanya menyebarkan visi relijiusitas belaka. Banyak prinsip pengetahuan, penggunaan peralatan dan berbagai inovasi lain yang berawal dari kebudayaan Islam dan orang Muslim. Berikut beberapa hal yang sudah sangat familiar dan mendunia yang erat kaitannya dengan pengaruh kebudayaan Islam dan orang muslim.

Kopi:

kopi

Menyebarnya komoditi kopi ke seluruh dunia berawal dari kisah tentang seorang Arab-Ethiopia bernama Khalid yang menggembala kambing di wilayah Kaffa Ethiopia selatan. Ia mendapati kambing-kambingnya nampak lebih lincah setelah makan buah kopi, yang Ia kenali sebagai buah kecil mirip buah berry. Khalid kemudian mencoba mengolah buah itu dan tersajilah minuman kopi pertama.

Selain kisah tentang Khalid, kopi juga diketahui pertama kali diekspor dari Ethiopia ke Yaman untuk para sufi yang meminumnya agar tetap terjaga sepanjang malam. Kopi menjadi sajian dalam berbagai kegiatan berdoa pada acara-acara khusus. Pada akhir abad ke-15 kopi sampai ke Mekah dan Turki kemudian menyebar ke Venesia pada tahun 1645. Darisana berlanjut ke Inggris pada tahun 1650 dibawa oleh seorang Turki bernama Pasqua Rosee, saat Ia membuka kedai kopi pertama di Lombard Street di Kota London .

Tumbuhan ini awalnya bernama Qahwa dalam Bahasa Arab, kemudian menjadi Kahve dalam Bahasa Turki, Caffé dalam ujaran Bahasa Italia baru kemudian disebut Coffee dalam bahasa Inggris.

Prinsip Kamera:

Kamera

Mengenai cara kerja mata, awalnya orang percaya pemikiran Yunani kuno bahwa mata memancarkan sinar seperti lampu senter, hingga memungkinkan kita untuk melihat. Orang pertama yang menyadari bahwa cahaya masuk ke dalam mata adalah matematikawan, astronom dan fisikawan muslim abad ke 10 bernama Ibn al-Haitham. Dari pemahaman dan pengetahuan soal kerja mata itu , Ia membuat dan menyusun prinsip kamera pin-hole pertama. Dengan dasar pengetahuan soal cara cahaya yang datang melalui lubang, Ia juga merumuskan bahwa semakin kecil lubang, semakin baik gambar yang dihasilkan. Darisana Ia membuat dan mengatur prinsip kerja Camera Obscura pertama dan berkembang menjadi apa yang dikenal sebagai Kamera/Camera yang berasal dari kata bahasa arab Qamara yang artinya ruangan gelap. Ibn al-Haitham juga dikreditkan sebagai orang pertama yang menggeser fisika dari kegiatan filosofis ke cabang ilmu yang juga mendasarkan diri pada bukti dan hasil eksperimen.

Permainan Catur:

Catur

Bentuk permainan catur dengan aturan yang kita kenal sekarang berkembang di Persia. Dari sana menyebar ke arah barat menuju ke Eropa oleh bangsa Moor di Spanyol pada abad ke-10, kemudian menyebar ke arah timur sampai Jepang. Kata Rook (benteng) berasal dari kata Rukh dalam Bahasa Persia, yang berarti kereta.

Parasut Terjun:

Parasut

Seribu tahun sebelum Wright bersaudara menciptakan pesawat terbang, seorang penyair Muslim, astronom, musisi dan juga insinyur bernama Abbas ibn Firnas sudah melakukan beberapa upaya untuk membangun mesin terbang. Pada tahun 852 Masehi ia melompat dari menara Masjid Agung Cordoba menggunakan jubah longgar kaku dengan struts kayu. Dia berharap bisa meluncur dan terbang seperti burung. Meski tak berhasil namun jubah yang ia pakai memperlambat kejatuhannya, ini dianggap sebagai parasut pertama. Pada tahun 875 Masehi, saat usianya 70 tahun, Ia melakukan upaya terbang yang kedua dengan menyempurnakan mesin bersayap dengan kain sutera dan bulu elang. Ia melompat dari sebuah gunung dan berhasil terbang ke ketinggian yang signifikan selama sepuluh menit. Ia kemudian menyimpulkan bahwa karena mesin terbangnya perlu diberi perangkat ekor sehingga agar stabil saat mendarat. Sebuah Bandara Internasional di Baghdad dan sebuah kawah di Bulan diberi nama sesuai nama Abbas ibn Firnas.

Shampoo:

Shampoo

Kegiatan bersuci, mencuci dan mandi adalah salah satu prinsip kehidupan umat Islam, ini yang menjelaskan mengapa Muslim mengembangkan dan menyempurnakkan resep sabun sampai kemudian tercipta Shampoo. Untuk membersihkan atau meghilangkan bau di rambut orang Mesir kuno menggunakan sejenis sabun, sementara orang-orang Romawi menggunakannya sejenis minyak rambut. Tapi orang-orang Arab mengkombinasikan minyak nabati dengan sodium hidroksida dan aromatik seperti minyak thyme. Shampoo kemudian diperkenalkan ke Inggris oleh seorang Muslim yang membuka sebuah toko bahan-bahan mandi dan wewangian bernama Mahomed’s Indian Vapour Baths di tepian laut kota Brighton pada tahun 1759. Tempat itu kemudian menjadi tempat keramas bagi Raja George IV dan William IV.

Sistem Penyulingan dan Parfum:

Penyulingan

Distilasi, cara memisahkan cairan melalui perbedaan titik didih diciptakan sekitar tahun 800 masehi oleh ilmuwan Islam bernama Jabir bin Hayyan. Ia juga menciptakan proses dan prinsip-prinsip dasar kimia yang masih digunakan sampai saat ini.

parfum

Diantaranyanya adalah pencairan, kristalisasi, distilasi, pemurnian, oksidasi, penguapan dan filtrasi. Ia juga menemukan asam sulfat dan asam nitrat, juga prinsip penyulingan alembik yang berkembang menjadi industri parfum dengan dasar wewangian dari berbagai jenis tumbuhan. Ibnu Hayyan juga sosok Ilmuwan yang menekankan eksperimentasi sistematis dan pendiri kimia modern.

Engkol-Poros (Shaft):

Engkol-Poros (Shaft)

Engkol-poros adalah perangkat yang membuat putaran menjadi gerak linear dan merupakan prinsip utama dalam berbagai jenis mesin modern, paling tidak pada bagian pembakaran internal. Ini menjadi salah satu penemuan mekanis terpenting dalam sejarah manusia yang diciptakan oleh seorang insinyur Muslim bernama Al-Jazari. Dalam Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices terbitan tahun 1206 disebutkan bahwa Al-Jazari juga menemukan dan meyempurnakan penggunaan katup dan piston, menyusun jam mekanis pertama yang didorong oleh air dan beban, dan penggagas prinsip-prinsip robotika modern. Ia juga seorang penemu, dan salah satu di antara 50 hasil penemuannya adalah kunci kombinasi.

Baju Besi:

Baju Besi

Di dunia barat dikenal istilah Quilting yaitu metode menjahit atau mengikat dua lapisan kain dengan lapisan bahan isolasi. Meski masih menjadi perdebatan apakah prinsip baju besi diciptakan di dunia Muslim atau diimpor dari India dan China, tapi sejarah mencatat bahwa pengetahuan baju besi sampai ke Barat melalui Tentara Salib. Mereka melihat baju zirah yang digunakan oleh prajurit Saracen yang mengenakan baju kanvas yang dilapisi jerami berlapis. Baju itu efektif melindungi tubuh terhadap gesekan senjata tajam.

Prinsip dan Gaya Arsitektur Bangunan:

Arsitektur Bangunan

Lengkungan runcing yang menjadi karakteristik katedral Gothic di Eropa adalah penemuan yang dipinjam dari arsitektur Islam. Bentuknya lebih kuat dari lengkungan bulat yang digunakan oleh orang Romawi dan Normandia. Prinsip lengkungan ini memungkinkan bangunan gedung yang lebih besar, lebih tinggi, lebih kompleks dan megah. Prinsip pinjaman lainnya dari bangunan Muslim termasuk prinsip rusuk kubah, bentuk jendela dan teknik pembuatan kubah bangunan. Banyak kastil Eropa disesuaikan dengan menyalin bangunan dunia Islam, diataranya dengan panah celah, benteng, sampai model bangunan menjulang Barbican dan Parapets. Dan salah satu bentuk kepercayaan dunia barat pada ilmu arsitektur muslim adalah saat raja Henry V membangun benteng dengan arsitek seorang Muslim.

Ilmu Bedah:

Ilmu Bedah

Banyak instrumen bedah modern yang persis sama dengan desain yang dirancang pada abad ke-10 oleh ahli bedah Muslim bernama al-Zahrawi. Pisau bedah, gergaji tulang, tang, gunting halus bedah mata dan sekitar 200 instrumen lain bermula dari rancangan Al-Zahrawi. Pada abad ke-13, Ahli Medis Muslim lain yang bernama Ibn Nafis menggambarkan prinsip sirkulasi darah, 300 tahun sebelum William Harvey menemukannya. Dokter-dokter Muslim juga yang pertama kali menemukan obat bius dari campuran opium dan alkohol, juga mengembangkan jarum berongga untuk menyedot katarak dari mata, teknik yang masih digunakan sampai sekarang.

Kincir Angin:

Kincir Angin

Kincir angin ditemukan pada tahun 634 masehi pada masa khalifah Persia dan digunakan untuk menggiling jagung dan mengangkat air untuk irigasi. Di padang pasir yang luas daratan arab, ketika sungai musiman kering, satu-satunya sumber daya adalah angin yang bertiup terus-menerus dari satu arah selama berbulan-bulan. Kincir Angin yang dikembangkan di Persia memiliki enam atau 12 layar yang ditutupi kain atau daun kelapa. Kincir angin ini sudah ada 500 tahun sebelum kincir angin pertama terlihat di Eropa.

Vaksinasi:

Vaksinasi

Teknik inokulasi yang menjadi prinsip dasar vaksinasi tidak diciptakan oleh Jenner dan Pasteur tetapi dirancang di dunia Muslim. Pengetahuan teknik ini dibawa ke Eropa dari Turki oleh istri duta besar Inggris pada tahun 1724. Sejarah mencatat bahwa anak-anak di Turki divaksinasi dengan cacar sapi untuk melawan cacar yang mematikan setidaknya 50 tahun sebelum Barat menemukan vaksinasi. (hob3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s