Tiga Kesalahan Fatal dalam Memulai Bisnis

Teruslah belajar menyempurnakan bisnis dengan baik.

bisnis

♛ barb3ta

Banyak sekali kesalahan fatal dalam memulai bisnis, namun saat berbuat kesalahan bukan berarti meninggalkan bisnis bukan?

Ada masalah, ada solusi

Kunci yang harus Anda pegang adalah terus belajar menyempurnakan bisnis dengan baik, hindari kesalahan fatal dalam memulai bisnis.  Berikut adalah beberapa kesalahan fatal dalam memulai bisnis yang harus Anda hindari.

Pertama, tidak mengawal hati supaya ada di jalan yang benar.

Kesulitan terbesar dalam bisnis bukan kompetisi bisnis, tetapi bagaimana mengawal hati supaya ada di jalan yang tepat.  Kompetisi hati, ya bagaimana hati untuk tetap berpikir jernih melibatkan luasnya persaingan, keunggulan pebisnis lainnya, hingga cara yang dilakukan sesama pebisnis tanpa mengotori hati.

Kompetisi hati menuju cara pandang yang positif akhirnya akan menyelamatkan setiap bisnis yang dikawal.  Berkompetisilah dengan hati untuk memenangkan persaingan.

Kedua,  Tidak paham konsep inovasi.

Inovasi adalah sebuah kata penting dalam bisnis.  Namun tidak semua inovasi berjalan baik, bahkan diantaranya bisa saja menuai kontroversi di dalam perusahaan sendiri. Siapkan telinga dan hati menerima kritik, saran dan masukan bagi perbaikan.

Apakah untuk selanjutnya inovasi akan dihentikan?  Tidak!  Yang harus dilakukan kemudian adalah berhati-hati dalam berinovasi.  Pahami konsep trial and error serta pahami juga konsep inovasi dan sukses.  Apakah artinya dengan inovasi tidak akan berbuat kesalahan?  Belum tentu.  Cara yang benar dalam berinovasi adalah mengakui jika terjadi kesalahan dan meningkatkan inovasi lainnya.

Ketiga, tidak memiliki mental dan cara berpikir positif.

Berbisnis bukan hanya membutuhkan kekuatan uang untuk mengawalnya, jauh lebih pening adalah kekuatan mental.  Cara berpikir dan mental yang positif sangat membantu untuk keluar dari masa-masa binis yang suram.  Dalam berbisnis, saya pun tidak hanya mendapatkan pencapaian.

Terjun bebas dari posisi puncak menuju masa suram pernah saya rasakan.   Kalau saja saat itu saya menyerah Indiscript akan hilang dari peredaran.  Alhamdulillah dengan kekuatan mental semua bisa diatasi.

Salah satu yang harus Anda pegang adalah ketika mendapatkan sukses tidak perlu bahagia berlebihan, ketika mendapatkan kegagalan, tidak perlu sedih berlebihan.  Jadikan kesalahan berbisnis sebagai pelajaran berharga untuk berproses lebih baik.  Nikmati semua proses dengan hati senang dan tenang. (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s