Syeh Maulana Malik Ibrahim (SUNAN GRESIK)

 SUNAN GRESIK (Syeh Maulana Malik Ibrahim)

♛ barb3ta

Sunan Gresik, nama aslinya adalah Syeh Maulana Malik Ibrahim. Datang di Pulau Jawa tahun 1380 dan wafat di Gresik tahun 1419.

Beliau bukan saja seorang ulama, tetapi juga ahli sosiologi. Ayahnya Barebat Zainal Alam, berasal dari Gujarat, India. Tetapi ibunya, wanita dari Champa.

Rombongan Syeh Maulana dari Champa tiba di Gresik tahun 1381. Lalu menetap di desa Leran, sembilan km dari kota Gresik.

Adapun rombongan ini terdiri dari 40 orang yang datang dengan sebuah kapal dengan maksud akan mengislamkan Majapahit yang ketika itu mulai runtuh. Maka jadilah beliau wali pertama dari sembilan wali yang terbentuk dikemudian hari.

Dengan jalan berdagang, membuka toko, beliau mencoba mendekati rakyat, mengakrabi, membantu dan mengajari hal-hal yang belum dikenal oleh mereka.

Lalu menjadi tabib, dan karena banyak orang berhasil ditolong, maka namanya pun kian harum. Doa-doanya dianggap mujarab. Obat-obatnya bermanfaat.

Apalagi karena beliau tidak meminta bayaran. Sehingga oleh mereka dianggap sebagai dewa penolong. Maka jadilah beliau tokoh kharismatik dan dihormati.

Begitulah asal mulanya, setelah paham akan bahasa Jawa dan adat istiadat orang-orang daerah itu, mulailah beliau melancarkan dakwah Islamiahnya.

Pelan-pelan, sehingga orang-orang sekitarnya tidak kaget, terutama karena umumnya mereka sudah kenal baik dengan Syeh Maulana.

Resep “sinkritisme” pun dipakainya. Beliau merasa tidak perlu melarang agama Hindu yang masih berjalan atau Hindu-Jawa yang sudah terlanjur merasuk di kehidupan penduduk tang penting Islam berhasil ditanamkan.

Beliau mendapat sambutan luas justru karena dalam Islam tak ada perbedaan kelas atau kasta seperti dalam Hindu.

Penduduk jadi merasa dimanusiakan. Mereka tak lagi dianggap Waisa atau Sudra, meskipun pekerjaannya hanya petani atau nelayan.

Namun sebaliknya mereka yang merasa keturunan bangsawan, pergi meninggalkan daerah itu secara diam-diam.  (♛b3)

Waallohu a’lam bisshawab

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s