Seperti Ini Pramuka Ajarkan Anak tentang Bertahan Hidup

052216 pramuka
♛ barb3ta

SELAIN kegiatan akademik di sekolah, anak juga perlu mendapatkan pendidikan lain mengenai kehidupan. Bagaimana menumbuhkan karakter empati, bertahan dalam lingkungan apa pun atau bahkan menumbuhkan rasa cinta Tanah Air di dalam hatinya. Ini semua bisa didapatkan dari kegiatan gerakan Pramuka.

Ya, Pramuka yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana bisa membantu anak tumbuh menjadi karakter yang kuat yang bersinergi dengan nilai-nilai dasar Pramuka, yakni Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta Tanah Air, melestarikan lingkungan hidup, peduli sesama, mengenali potensi diri dan mengamalkan Satya dan Darma Pramuka.

Namun, sayangnya masih banyak orangtua yang masih ragu mengikutsertakan anak-anaknya bergabung dengan gerakan Pramuka. Alasan beragam, ada yang tak ingin lelah dan menganggap kegiatan Pramuka cukup ekstrem. Padahal sebenarnya salah besar.

052216 Seperti Ini Pramuka Ajarkan Anak tentang Bertahan Hidup

“Kegiatan Pramuka itu sudah dianalisis risikonya. Pramuka tak akan mengajak anak mendaki gunung yang sulit didaki sebelum anak tersebut lulus atau layak dan mampu untuk naik gunung. Jadi orangtua tak usah khawatir,” ungkap Andalan Nasional Bidang Perencanaan Pengembangan dan Kerjasama Gerakan Pramuka, Arie Rukmantara.

Selain itu, Arie menambahkan faktor Pramuka kurang diminati para orangtua karena kebanyakan Pramuka terlihat melakukan serangkaian kegiatannya dengan tertutup atau hanya di sekolah saja, padahal ini terbuka untuk umum.

“Semua orang bisa bergabung dengan Pramuka untuk melakukan aksi sosial, tetapi kita (Gerakan Pramuka) juga tak mengharuskan semua lapisan masyarakat bergabung, saya ingin yang ingin bergabung memang dari hatinya,” tutup Arie di sela konferensi pers “Time Please!” yang merupakan bentuk kerja sama Pramuka dengan The Walt Disney Company South East Asia. (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s