Kesemutan di Malam Hari, Ini Masalah Serius Kesehatan Anda

 

Banyak yang mengalami masalah ini.

052216 kesemutan-di-malam-hari-ini-masalah-serius-kesehatan-anda

♛ barb3ta

Sering kali kita susah utuk tidur di malam hari, dengan beragam alasan. Mulai dari gangguan dari luar seperti polusi suara, hingga cahaya lampu yang membuat kita selalu terjaga sepanjang malam.

Selain itu, kadang kita juga merasakan tubuh yang kurang fit saat berada di tempat tidur. Bahkan banyak dari kita merasakan sakit pada kaki, seperti kesemutan, pegal-pegal, atau merasakan kram yang tiba-tiba datang.

Statistik menunjukkan bahwa, lebih dari 5 juta orang di Amerika Serikat saja menderita sindrom kaki gelisah (RLS), seperti gejela-gejala di atas. Selain itu, 1 dari 10 orang dewasa memiliki masalah kesehatan ini. Lantas apakah itu berbahaya?

RLS sendiri biasanya berkaitan dengan sakit di kaki, gatal, perasaan tidak nyaman di kaki, kesemutan, dan gemetar. Biasanya, gejala-gejala RLS terjadi pada malam hari.

Ini bukan kondisi kesehatan yang serius, tetapi dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda, dan aktivitas sehari-hari terganggu akibat kurang tidur.

Penyebab RLS ada dua jenis, yaitu primer dan sekunder:

Gejala utama adalah dari turunan, dan penyebabnya ini terletak di bagian otak yang bertanggung jawab untuk monitoring. Bentuk sekunder disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, termasuk kehamilan, anemia, kerusakan saraf perifer, gangguan fungsi ginjal dan penyakit degeneratif tulang belakang.

Bagaimana untuk meringankan gejala RLS?

Para ahli merekomendasikan peregangan sebelum tidur. Anda harus duduk di lantai dengan kaki terentang dan perlahan-lahan menekuk tubuh ke kaki, sehingga tangan dapat mencapai kaki, lalu tahan dalam beberapa menit.

Selain itu, Anda dapat berlatih yoga yang meliputi peregangan, pernapasan dan relaksasi. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh hijau atau hitam dan kopi, karena mereka memiliki efek negatif pada sirkulasi darah dan kualitas tidur.

RLS juga dapat terjadi sebagai akibat dari kekurangan zat besi, dan dalam hal ini Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti daging merah, plum dan bit.

Anda juga bisa menggunakan aromaterapi, caranya sangat mudah: Campur 5 tetes basil, 5 tetes marjoram dan 3 tetes minyak almond. Pijat kaki Anda dengan campuran ini setiap malam sebelum tidur.  (♛b3)

Selamat mencoba.

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s