Ini Rahasia Panjang Umur Kakek 1,5 Abad dari Banjarnegara

 

Banyak makan sayur dan konsumsi daun pepaya

Ini Rahasia Panjang Umur Kakek 1,5 Abad dari Banjarnegara

Kakek Wamiarja yang lahir tahun 1870 
♛ barb3ta

Wamiarja, kakek asal Dusun Karangtalun di Desa Rakitan Banjarnegara, dilaporkan memiliki umur hampir 1,5 abad. Dia mengaku memiliki trik khusus untuk menjaga kesehatannya. Lantas apa rahasia dari sang kakek?

Dari cerita yang dituturkan Wamiarja, kesehariannya memang terbatas dalam bergerak. Ia hanya mampu duduk dan berbaring di dipan rumahnya.

Meski begitu, ia tetap mengusahakan untuk menjaga kebugarannya lewat makanan yang dikonsumsi. Kakek yang diketahui lahir pada tahun 1870 ini mengaku gemar mengkonsumsi sayur hijau terutama daun pepaya. Dengan itu, kesehatannya cukup terjaga.

“Saya juga nggak mau memakan makanan yang disajikan dalam kondisi panas. Jadi saya pilih didinginkan dulu. Itu sudah sejak lama saya lakoni,” ujar Wamiarja.

Sebab itu, ia bersyukur Tuhan telah memberinya umur panjang. “Umur saya ini kersaning gusti Alloh (Berkah dari tuhan semata),” ujar kakek yang memiliki dua anak perempuan, 13 orang cucu, 29 cicit dan delapan orang piut ini.

Saat ini, kondisi kesehatan Wamiarja terbilang sehat. Kendati tak banyak melakukan gerak fisik, namun ia masih mampu diajak berbicara dan bercerita. Hanya pendengaran dan penglihatannya saja yang sedikit terganggu. (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s