Panggilan ‘Abi’ dan ‘Ummi’ Haram dalam Islam

Panggilan 'Abi' dan 'Ummi' Haram dalam Islam

♛ barb3ta

Sudah biasa kita mendengar atau memiliki panggilan sayang terhadap pasangan kita. Bermacam-macam panggilan sayang yang kita berikan seperti ‘Honey’, ‘Hubby’, ‘Sayang’, ‘Cinta’ dan berbagai panggilan yang lainnya.

Panggilan sayang itu untuk menunjukkan rasa sayang dari tiap pasangan. Sering juga digunakan panggilang sayang yang islami oleh pasangan suami istri, seperti ‘Abi’ dan ‘Ummi’.

Tapi ternyata, panggilan ‘Abi’ dan ‘Ummi’ diharamkan dalam islam. Maksud dan tujuan sebenarnya baik, tetapi jika asal pakai tanpa mengetahui arti dan asal usulnya maka akan menjadikan ini haram.

Dalam kitab Ar-Raudhatul Murbi’ Syarah Zadul Mustaqni’ juz 3/195, dijelaskan tentang hal memanggil pasangan “Dan dibenci memanggil salah satu di antara pasangan suami istri dengan panggilan khusus yang ada hubungannya dengan mahram, seperti istri memanggil suaminya dengan panggilan ‘Abi’ (ayahku) dan suami memanggil istrinya dengan panggilan ‘Ummi’ (ibuku).”

Ada baiknya jika belum memiliki panggilan sayang, jangan digunakan panggilan tersebut. Namun jika sudah terlanjur, ada baiknya untuk menggantinya. Perlahan-lahan pasti akan bisa walaupun awalnya pasti terasa tidak biasa.

Memang masih banyak yang memakai panggilan pasangan seperti ini, terutama di rumah keluarga islami. Karena kita sudah tahu, sebaiknya hindari panggilan sayang seperti ini.   (♛b3)

 

Wallahu a’lam bishawwab.

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s