Meditasi

Woman practicing yoga at sunrise

♛ barb3ta

Meditasi  dalam dunia pengobatan sudah sangat populer. Namun, apakah Anda telah mengetahui apa itu meditasi?

Situs godsdirectcontact menyatakan meditasi adalah mendengarkan. Menurut situs ini, mendengarkan dalam arti meditasi adalah berefleksi pada diri sendiri atau menenangkan pikiran sendiri. Menenangkan diri sendiri juga dapat berarti mencari ketenangan dan kedamaian dalam jiwa maupun raga.

Kemudian, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan, meditasi memiliki satu lema. Lema tersebut adalah pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Kajian dari John Hopkins menyatakan meditasi adalah sebuah alat untuk mendapatkan kesehatan jiwa dan raga.

Kajian ini mengambil contoh di Jerman. Salah satu radio di Jerman mengharuskan para pekerjanya mengambil jadwal kegiatan bermeditasi dalam ruangan khusus. Kegiatan meditasi ini sebagai langkah pemilik radio yang mengetahui bahwa angka stres para pegawainya meningkat. Oleh karena itu, meditasi dipilih sebagai langkah untuk membersihkan diri, menenangkan jiwa, dan mencapai sebuah ketenangan.

Masih menurut kajian dari John Hopkins, meditasi berguna untuk menjaga kesehatan psikologis. Meditasi dilakukan selama 30 menit perhari untuk mencapai ketenangan maksimal. Kemudian, dari situs metafisis.net, menurut Perdana Akhmad S.Psi ada tiga langkah mudah dalam meditasi untuk mencapai ketenangan maksimal:

  1. Duduk bersila dengan santai, seluruh otot harus dikendurkan
  2. Menutup mata, mengatur nafas, dan mengosongkan pikiran
  3. Dari mengosongkan pikiran tersebut, menenangkan pikiran hingga mencapai keheningan yang dinilai cukup untuk melepaskan segala sesuatu tekanan

Dari situs yang sama, meditasi diartikan sebagai mencari ketenangan, tetapi, dilakukan di tempat yang sedikit berbeda. Tidak seperti contoh salah satu studio di Jerman yang menggunakan ruang studio khusus untuk bermeditasi, Perdana menjelaskan meditasi dapat dilakukan di tempat seperti masjid, makam, bahkan tanah lapang.

Oleh karena itu, Perdana juga menjelaskan meditasi di tempat yang berbau energi gaib akan membuat pikiran malah tidak membaik. Sebagai contoh, jika bermeditasi di makam, malah akan mendengar suara-suara atau penglihatan gaib yang malah menganggu pikiran manusia. Selain itu, meditasi di tempat seperti itu (makam) akan membuat risiko untuk mempercayai selain Tuhan Yang Maha Esa.

Perdana juga menjelaskan dengan gaya meditasi seperti itu, kesempatan dan kemungkinan untuk berhalusinasi semakin tinggi. Oleh karena itu, tempat-tempat beribadah atau memang ruangan khusus yang tenang merupakan tempat yang tepat untuk melakukan meditasi.  (♛b3)

@kfsudaryo
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s