Inilah Tiga Orang yang Do’anya Selalu Terkabul

Teladanilah ketiga sifat orang ini

♛ barb3ta

Meskipun Allah tidak membeda-bedakan umat-Nya, tetapi ketiga orang ini memiliki keistimewaan yang lebih karena amalan yang dilakukannya. Pastilah semua orang yang berdoa, ingin jika doanya mendapatkan jawaban dan terkabulkan maka teladanilah ketiga sifat orang ini.

Do’a sendiri adalah permohonan seseorang kepada Tuhannya saat menginginkan suatu hal. Beberapa orang mendapatkan keinginannya dengan cepat, tapi ada juga yang lama. Bahkan sama sekali tidak dikabulkan karena doa tersebut ditolak oleh Allah SWT.

Sebagian besar orang merasa cemas atau khawatir karena takut apakah doanya dikabulkan atau tidak. Namun, apalah daya manusia. Kita hanya bisa berdoa dan Allah-lah yang memiliki kuasa atas keputusan yang Dia ambil untuk kita.

Inilah 3 Orang yang Doanya Selalu Terkabul.jpg

Sebuah hadits menjelaskan bahwa ada orang yang tidak pernah ditolak doanya oleh Allah. Terdapat tiga orang yang apabila memanjatkan doa maka Allah pasti mengabulkannya.

Lantas, siapakah ketiga orang ini?

Rasulullah pernah bersabda bahwa terdapat tiga orang yang doanya tidak akan ditolak, yaitu:

  1. Orang yang teraniaya

Sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam menghadapi orang kesusahan atau teraniaya. Apabila tidak bisa membantu, maka jangan melakukan suatu hal yang dapat menyakiti hatinya karena Allah telah menjamin jika doanya akan dikabulkan karena ia termasuk dalam doa orang yang dikabulkan Allah SWT. Sebenarnya, Allah tidak menyukai doa yang buruk untuk orang lain. Tetapi, terdapat suatu kondisi dimana doa baik ataupun doa buruk akan dikabulkan oleh orang lain. Orang itu adalah orang yang teraniaya atau terdzalimi. Sebuah ayat menjelaskan bahwa Allah tidak menyukai orang yang mengatakan keburukan pada seorang hamba secara terang-terangan kecuali orang yang teraniaya maka ia diperbolehkan bercerita tentang kedzliman tersebut maka Allah Maha Mendengar. Selain itu, sebuah hadits menganjurkan kepada manusia untuk waspada pada orang yang didzalimi meskipun ia orang kafir. Karena tidak ada penghalang diantaranya agar diterima Allah.

  1. Penguasa yang adil

Disebutkan jika doa penguasa yang adil tidak akan ditolak. Pemimpin yang adil seperti bayang-bayang Tuhan karena sangat sulit bagi manusia biasa untuk berlaku adil. Selain itu, Allah memiliki sifat adil karena Dia sang Maha Adil. Adil disini adalah mampu menempatkan sesuatu sesuai dengan proporsi dan mengambil keputusan yang tepat. Alasan mengapa doa orang ini dikabulkan adalah karena ia mampu menanggung berbagai harapan atau hajar rakyatnya (orang yang banyak). Ini bisa dijadikan tanda doa diijabah Allah.

  1. Orang yang berpuasa sampai berbuka

Rasulullah telah bersabda mengenai orang ini bahwa tidak ada doanya yang tidak dikabulkan oleh Allah. Alasan mengapa doa mereka tidak ditolak karena pada saat itu mereka sedang melaksanakan perintah Allah SWT. Dia sangat mencintai hamba-Nya yang melakukan ibadah ini, terlebih ketika berpuasa wajib di hari ramadhan. Diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud menjelaskan bahwa kebutuhan umat manusia adalah ibadah wajib. Selain itu, orang yang berpuasa pasti akan menahan diri dari perilaku yang melanggar perintah Allah. Apabila jiwanya suci dan terhindar dari kesombongan karena berusaha merendahkan diri pada Allah. Orang yang seperti ini adalah orang yang takut kepada Sang Maha Kuasa sehingga Allah akan mengabulkan setiap doanya.

Dengan mengetahui hal ini, kita bisa menempatkan diri agar doa kita dihijabah oleh Allah. Ingatlah, bahwa Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum jika mereka tidak ingin mengubahnya sendiri.  (♛b3)

Wallahu a’lam bisshawab

@kaefota
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s