Sepuluh Hal yang Diperlukan Ibu Hamil

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Salah satunya olahraga.

Sepuluh Hal yang Diperlukan Ibu Hamil

♛ barb3ta

Ibu yang sedang mengandung memerlukan perhatian dan juga perawatan spesial agar bayi yang berada di kandungannya tetap berada dalam keadaan yang sehat. Untuk itu, sang ibu perlu diberikan perlakuan khusus yang tidak biasa. Berikut ini adalah 10 hal yang diperlukan oleh ibu hamil.

10. Olahraga

10exercise

Kondisi sedang mengandung buah hati bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga. Olahraga yang dimaksudkan disini bukanlah olahraga berat yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan buah hati. Olahraga ringan seperti yoga bisa menjadi pilihan yang baik dan aman untuk dilakukan oleh para ibu hamil.

Dengan olahraga yang tepat dapat memberikan sejumlah manfaat positif seperti meningkatkan kekuatan dan daya tahan dan fisik juga bisa kembali ke keadaan semula setelah melahirkan. Tidka hanya bermanfaat bagi fisik, ternyata psikis ibu hamil juga bisa menjadi lebih tenang dan bebas dari stress.

9. Mengurangi Asupan Kafein

9caffein

Anda termasuk orang yang menyukai kopi? Jika iya, maka ada baiknya Anda membatasi konsumsi kopi ketika Anda sedang hamil. Sebelumnya memang sempat dibahas mengenai berapa banyak kopi yang boleh kita minum dalam 1 hari, namun pada kasus ibu hamil, konsumsi minuman yang mengandung kafein harus benar-benar dihentikan.

Tidak hanya terdapat pada kopi, ternyata kafein juga terdapat pada minuman lain seperti teh, minuman bersoda, serta minuman berenergi lain. Meminum minuman yang banyak mengandung kafein sperti yang sudah disebutkan diatas akan memingkatkan resiko terjadinya keguguran.

8. Mengurangi Asupan Alkohol

8alcohol.jpg

Sama halnya dengan kafein, mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol juga harus dibatasi. Minuman alkohol yang diminum ketika sedang hamil dapat mencapai ke kandungan melalui aliran darah dan plasenta.

Meskipun masih tidak jelas apa pengaruh buruk alkohol bagi kesehatan ibu hamil, tapi para ahli memberi saran untuk menghentikan konsumsi alkohol daripada terjadi hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan ibu, sang bayi juga kemungkinan akan terlahir dengan gangguan kesehatan akibat alkohol.

7. Pakaian Untuk Ibu Hamil

7clothes

Disaat sedang hamil, kondisi tubuh akan mengalami sejumlah perubahan. Untuk itulah diperlukan pakaian khusus bagi para ibu hamil. Dalam memilih pakaian yang tepat dalam kondisi hamil, pastikan pakaian tersebut memiliki ukuran yang pas dengan kondisi tubuh saat itu. Jangan pilih pakaian yang kebesaran atau bahkan kekecilan.

Membeli pakaian ibu hamil juga harus dipastikan juga dengan tempat tujuan Anda beraktivitas. Misalkan Anda bepergian ke tempat perbelanjaan pastikan pakaian tersebut tidak membuat Anda kerepotan, saat berbelanja atau ketika sedang di toilet.

6. Cek Kesehatan Secara Rutin

6check-up

Hal penting yang tidak mungkin dilupakan oleh ibu hamil yakni cek kesehatan. Cek kesehatan secara rutin ke dokter untuk selalu up to date dengan kondisi diri sendiri dan juga buah hati Anda. Jika sebelumnya Anda hanya ke dokter disaat sakit, kali ini semua hal akan berubah sekejap ketika Anda sudah berbadan 2.

Kesehatan yang baik dari ibu akan memberikan pengaruh yang baik pula kepada kondisi buah hati. Tapi jika kondisi ibu memburuk, efek buruk tersebut juga bisa mempengaruhi kondisi janin yang ada di rahim. Anda tentunya tidak mau anak yang dilahirkan nanti mengalami masalah kesehatan bukan.

5. Bantal Khusus

5pillow

Dalam kondisi hamil, semua aktivitas akan berubah menjadi semakin sulit untuk dilakukan. Bahkan walaupun hanya tidur. Meskipun terlihat simple tapi tidur dalam posisi yang salah ternyata juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Karena itulah ibu hamil memerlukan bantal khusus bagi ibu hamil yang bisa mendukung agar bisa beristirahat dengan aman, nyaman, dan tenang.

Bantal untuk ibu hamil yang bagus adalah bantal yang bisa menopang tubuh dan juga perut ibu yang sedang membesar. Jangan memilih bantal yang terlalu empuk atau juga terlalu keras. Pastikan bantal tersebut cukup nyaman untuk Anda gunakan sebagai alat bantu tidur Anda.

4. Istirahat Cukup

4good-rest

Melakukan aktivitas ketika tidka hamil saja membutuhkan istirahat yang cukup agar tubuh tidak jatuh sakit. Apalagi disaat Anda sedang berbadan 2, tentu saja waktu istirahat yang dibutuhkan akan lebih banyak daripada disaat Anda tidak hamil.

Tidak hanya istirahat yang cukup agar Anda dan bayi yang dikandung tidak mengalami gangguan, Anda juga sudah harus membatasi aktivitas yang Anda lakukan. Anda tidak lagi bisa melakukan aktivitas berat yang biasa Anda lakukan. Minta tolong suami atau sewa pembantu untuk bisa sedikit meringankan beban Anda.

3. Vitamin

3vitamin

Dalam kondisi hamil, seorang ibu tidak hanya membutuhkan istirahat cukup untuk menjaga kesehatan diri dan anaknya. Mengkonsumsi vitamin juga merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Di dunia ini begitu banyak vitamin yang dapat ditemukan, untuk tahu mana vitamin yang bisa dikonsumsi ibu hamil dan mana yang tidak, Anda kembali harus melakukan konsultasi kepada dokter kandungan. Hanya dokter kandunganlah yang bisa memberikan informasi jelas tentang jenis vitamin apa yang cocok dan boleh Anda konsumsi.

2. Asupan Gizi

2nutrition

Ibu yang tengah mengandung juga harus memperhatikan asupan gizi yang harus dikonsumsi. Tidak hanya harus mengehentikan kebiasaan buruk, makanan yang dikonsumsi harus mencukupi kebutuhan yang dibutuhkan oleh ibu dan anak yang sedang dikandung. Anda tidak bisa lagi mengkonsumsi makanan sebebas yang pernah Anda lakukan dulu.

Sama halnya dengan vitamin, asupan gizi yang tepat juga lebih baik dikonsultasikan kepada dokter kandungan atau ahli gizi yang Anda percaya. Ajak suami Anda juga agar bisa membantu Anda dalam memilih makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi selama mengandung.

1. Perhatian

1care

Dari semua hal yang diperlukan oleh perempuan yang sedang hamil, tidak ada yang lebih penting lagi selain perhatian. Perhatian dari sang suami menjadi hal penting utama yang dibutuhkan oleh sang istri. Perhatian yang dapat diberikan bisa saja dalam bentuk membantu setiap pekerjaan sang istri agar tidak membuat istri mudah lelah.

Selalu ada di samping istri dan selalu sigap dalam melakukan atau memberikan apa yang dibutuhkan oleh istri juga menjadi salah satu bentuk perhatian yang bisa dilakukan. Sang suami harus bisa memberikan perhatian lebih karena tidak hanya istri saja yang menjadi perhatian utama tetapi juga bayi yang akan lahir membutuhkan perhatian lebih dari sang ayah.  (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s