Inilah Aplikasi Unik agar Tuna Rungu dapat Berkirim Pesan

 

Terdapat isyarat tangan untuk mempermudah mereka berkomunikasi.

Berkirim Pesan

♛ barb3ta

Tuna rungu adalah orang yang organ pendengarannya tidak dapat berfungsi dengan baik, baik sebagian maupun seluruhnya. Karena, tidak berfungsinya pendengaran dengan baik, maka menimbulkan tuna rungu juga tak dapat berbicara dengan baik.

Karena itupula, ia tidak dapat mendengarkan pembicaraan orang lain. Tuna rungu biasanya berkomunikasi dengan isyarat jari dan tangan. Seorang remaja berusia 17 tahun telah menemukan aplikasi untuk memudahkan komunikasi orang tuna rungu, bahkan awal penemuannya pun secara tak sengaja.

Dia adalah Mateusz Mach, yang meluncurkan sebuah aplikasi bernama Five. Aplikasi ini memungkinkan para pengguna nya untuk berinteraksi dengan cara menekan tombol, di mana di dalamnya terdapat isyarat tangan

Mach tak sengaja mendapatkan ide itu. Awalnya, ia hanya iseng mengirimkan lambang-lambang tangan kepada teman-temannya. Namun, ia mendapatkan pesan dari orang-orang tuna rungu dan tuna wicara bahwa aplikasinya ini sangat bermanfaat bagi mereka dalam berkomunikasi.

Dari sanalah, Mach kemudian mengembangkan temuannya ini. Karena ‘Five’ ini, Mach langsung memenangkan kompetisi startup lokal dan membuat dirinya sebagai pengusaha muda yang menjanjikan. Ia lalu mulai mencari pendanaan dan telah mengumpulkan $ 150.000 atau sekitar Rp 197 juta dari acara pendanaan di Polandia. Bahkan, PBB pun mendukung Mach dalam temuan Five nya.

Hebat sekali ya? Semoga Five dapat dikembangkan menjadi aplikasi yang dapat digunakan oleh seluruh penderita tuna rungu dan tuna wicara di dunia agar mereka juga dapat mudah berkomunikasi. (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.