Siswa MTsN di Yogyakarta Antusias Pelajari HIV/Aids

041216 Siswa MTsN di Yogyakarta Antusias Pelajari HIVAids.jpg

♛ barb3ta

YOGYAKARTA – Penyebaran penyakit HIV/Aids begitu memprihatikan. Oleh karena itu, pemahanan tentang penyakit akibat virus yang bisa ditularkan tersebut perlu diketahui, termasuk dari kalangan pelajar.

Para siswa di Madrasyah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, pun mendapat diklat singkat tentang HIV/Aids. Mereka mendapat penyuluhan dari Puskesmas Dlingo, Bantul.

Dokter Eka Sari Putri menyampaikan bahwa banyak hal yang harus diketahui para pelajar tentang penyakit tersebut. Mulai apa itu HIV/Aids, di mana ditemukan, gejala seseorang menderitanya, hingga pencegahan dari penyakit menular akibat virus itu.

“Dengan mengetahui bahaya penyakit HIV, maka siswa akan menghindari perilaku yang menyebabkan tertularnya HIV/Aids,” kata Winarjo, guru MTsN Dlingo.

Bapak dari tiga anak itu menyatakan cukup senang dengan kampanye pencegahan HIV/Aids yang digelar puskesmas untuk kalangan pelajar. Sebab dengan memberi pemahaman sedini mungkin, calon generasi bangsa akan lebih waspada terhadap penyakit berbahaya tersebut.

“Jika berperilaku tidak baik, khususnya pergaulan bebas, maka akan menghancurkan masa depan dirinya sendiri, membuat malu keluarga dan mendapat stigma (penilaian) tidak baik dari masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, menghindari lebih baik dari mengobati. Begitu juga dengan bahaya penyebaran HIV/Aids. Lebih baik mengetahui terlebih dahulu, sehingga diharapkan bisa menghindar di kemudian hari.

Para siswa juga cukup senang dengan penyuluhan ini. Mereka bisa menanyakan langsung pada ahlinya sehingga pengetahuan yang diperoleh bisa menyakinkan.

“Mereka mungkin dapat informasi hanya setengah-setengah, dengan penyuluhan ini bisa bisa memperoleh informasi yang lengkap, komplet lah,” paparnya. (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s