Berapa Lama Manusia Sanggup Tahan Nafas dalam Air?

Karena manusia tidak bisa bernafas di bawah air seperti ikan, maka Anda perlu untuk menahan nafas panjang jika berencana untuk menghabiskan banyak waktu di dalam air.

Sebagaimana diwartakan dari Wonderopolis, Rabu (6/4/2016), kegiatan praktek ini dikenal sebagai static apnea yang berarti penghentian bernafas sementara. Sebut saja Stephane Mifsud, pria kebangsaaan Prancis, yang memegang rekor static apnea terlama dengan rekor waktu 11 menit 35 detik menahan nafas di dalam air.

Akan tetapi dapatkah Anda bayangkan bisa menahan nafas selama itu? Ini merupakan waktu terlama dan tahukah Anda, ada manusia yang bisa menahan nafas lebih lama dari 11 menit.

Seperti dalam ajang The Guinness Book of World Records yang memiliki kategori khusus untuk menahan nafas terlama di bawah air. Pedoman Guinness ini memungkinkan kontestan untuk dapat menghirup oksigen murni selama 30 menit sebelum melakukan praktek menahan nafas di dalam air.

Setelah menghirup oksigen murni, Ricardo Bahia asal Brasil dapat menahan nafas dalam air selama 20 menit 21 detik. Saat ini Ricardo pemegang Guinness World Record yang mampu menahan nafas di air paling lama.

Kebanyakan orang dalam keadaan kesehatan yang baik hanya bisa menahan napas selama kurang lebih dua menit saja. Para peneliti percaya bahwa sedikit latihan dapat meningkatkan jumlah waktu cukup sedikit lama.

Ketika salah satu peserta Guinness World Record menghirup oksigen murni sebelum menahan naFas. Mereka melakukannya untuk memaksa lebih banyak karbon dioksida dari tubuh mereka sebanyak mungkin.

Maka oksigen ekstra ini juga akan membantu mereka untuk bertahan lama di dalam air tanpa bernafas, sebuah reaksi alami layaknya lumba-lumba dan ikan paus. Tubuh kita secara naluriah akan menghemat oksigen ketika pergi ke bawah air. (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s