5 Tanda Penyakit yang Terabaikan, Termasuk Susah Berhitung

 

0.jpg

♛ barb3ta

Pernahkah mendadak susah berhitung, atau tulisan tangan menjadi lebih berantakan? Bukan masalah besar bagi kebanyakan orang, namun terkadang bisa juga menandakan gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan kerap ditandai dengan hal-hal yang terabaikan, karena pada umumnya memang tidak membahayakan. Mendadak susah berhitung misalnya, sering muncul hanya karena kelelahan. Namun dalam beberapa kasus, kondisi ini menandakan gejala awal Alzheimer.

Beberapa tanda yang bisa menunjukkan adanya gangguan kesehatan namun sering terabaikan seperti dirangkum dari News.com.au, Senin (4/4/2016), antara lain sebagai berikut.

1.jpg

1. Ngorok

 

Banyak orang menganggap ngorok atau mendengkur tidak membahayakan, walau harus diakui memang menyebalkan. Namun siapa sangka, berbagai penelitian ilmiah mengaitkan ngorok dengan gangguan kardiovaskuler.

Sumbatan pada saluran napas sering disertai penebalan pada arteri di leher, yang bisa memicu stroke maupun serangan jantung. Memang tidak semua orang yang ngorok akan mengalaminya, tapi tidak ada salahnya waspada.

2.jpg

2. Gigi rapuh

 

Gula bukan satu-satunya penyebab gigi keropos maupun mudah tanggal. Asam juga memberikan efek serupa. Tapi dari mana datangnya asam?

GERD (Gastro Esophagial Reflux Disease) atau berbaliknya asam lambung menuju kerongkongan, tanpa disadari bisa mencapai rongga mulut dan merusak gigi. Jika tidak suka permen tapi giginya keropos, tidak ada salahnya mewaspadai GERD yang tidak disadari.

3.jpg

3. Rambut rontok

 

Rambut rontok tidak hanya disebabkan oleh ketombe atau ketidakcocokan terhadap produk-produk perawatan rambut. Gangguan keseimbangan hormon juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Pada pria, ketidakseimbangan tersebut berhubungan juga dengan kanker prostat. Nah lho!

4.jpg

4. Tulisan tangan berubah

 

Jika semula tulisan tangan selalu rapi, lalu mendadak berantakan, segera temui dokter saraf untuk berkonsultasi. Tahap awal gangguan saraf Parkinson kerap ditandai dengan kekakuan otot tangan, yang membuat tulisan menjadi berantakan.

5

 

5. Susah berhitung

 

Kemampuan matematis memang berbeda-beda pada setiap orang, ada yang memang sejak lahir tidak punya bakat untuk menghitung cepat dan akurat. Namun jika mendadak jadi lebih sulit berhitung, dokter saraf mungkin bisa menjelaskan. Gejala awal kepikunan jenis Alzheimer kerap ditandai dengan gangguan fungsi otak semacam ini. (♛b3)

 

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s