Susu Seperti Apa yang Aman Diberikan pada Anak?

Dalam memilih susu yang baik untuk bayi, sesuaikan dengan umurnya.

040816 Susu Seperti Apa yang Aman Diberikan pada Anak.jpg

♛ barb3ta

Sudah umum diketahui kalau susu baik untuk segala usia, terutama untuk anak-anak. Penuh dengan protein, kalsium, vitamin D dan gizi lain nya yang biasa nya tidak terpenuhi pada anak – anak, bisa di berikan melalui susu.

Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah susu seperti apa yang baik di berikan untuk anak dan Anda sendiri?

Susu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis : nonfat (skim), low-fat (1 persen), reduced-fat(2 persen) dan susu murni.

Tergantung pada usia

Bayi di bawah 1 tahun sebaiknya tidak meminum susu sapi, meskipun begitu, yogurt dan keju bisa di berikan pada bayi berumur 6 bulan.

Ketika bayi berumur 1 tahun, Anda bisa memberikan susu sapi murni atau reduced-fat (2 persen). Anak di bawah 2 tahun memerlukan semua gizi dan lemak sehat yang ada pada reduced-fat atau susu murni untuk perkembangan otak mereka.

Kalau bisa berikan susu murni, kecuali jika keluarga Anda memiliki masalah penyakit jantung turunan, kolesterol atau kegemukan, atau ketika dokter anak mengatakan bahwa anak Anda sudah memiliki cukup lemak sehat pada makanan mereka.

Ketika anak berumur 2 tahun ke atas, barulah diskusi lebih lanjut bisa di lakukan. Semua susu baik nonfat atau murni, mengandung jumlah protein, vitamin dan mineral yang sama. Perbedaan nya ada pada jumlah lemak dan kalori nya.

Banyak anak mendapat lemak dan kalori yang cukup pada makanan mereka dan tidak lagi memerlukan lemak tambahan dari susu. Jika Anda ingin memberikan lemak sehat pada anak Anda, maka pilihan terbaik adalah dengan kacang, biji-bijian, mentega kacang, alpukat dan minyak sehat seperti olive oil.

Karena ini lah, nonfat atau low-fat sangat di sarankan bagi anak dengan usia 2 tahun ke atas. Bayi perlu di berikan susu nonfat atau low-fat di umur ini agar menjadi terbiasa, sebab ketika mereka terbiasa dengan susu tersebut, mereka akan memilih untuk meminum nya saat tumbuh berkembang.

Apakah susu dengan kandungan lemak rendah tidak memiliki cukup gizi?

Banyak susu low-fat dan nonfat seperti kue kering dan kue renyah memiliki reputasi buruk karena perusahaan menganti lemak dengan gula dan berbagai bahan tambahan yang tidak sehat. Hal ini tidak berlaku pada susu, jadi Anda bisa merasa tenang.

Untuk susu rendah lemak, hanya ekstra lemak yang di hilangkan. Tidak peduli susu jenis apapun yang Anda pilih, anak yang minum susu akan lebih sehat dibandingkan yang tidak. Namun jika keluarga lebih suka dengan rasa susu reduced fat atau susu murni, bicarakan pada dokter anak Anda.

Bisa amat memusingkan untuk memilih susu yang cocok untuk seluruh keluarga Anda, untuk itu tidak perlu ragu untuk membeli susu yang berbeda sesuai kebutuhan. Memang pengeluaran akan lebih terasa, namun Anda bisa merasa tenang mengetahui kebutuhan gizi pada keluarga Anda bisa terpenuhi tanpa masalah. (♛b3)

l Susana Young
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s