Inilah lima hal yang dapat merusak gigi kita

Inilah lima hal yang dapat merusak gigi kita

♛ barb3ta

Gigi putih bersinar tentu menjadi impian semua orang. Dengan gigi yang sehat, kita akan merasa lebih percaya diri ketika berbicara atau tersenyum. Rutin menyikat gigi dan mengonsumsi makanan sehat bagi gigi, merupakan cara untuk menjaga kesehatan gigi. Tapi, tahukan Anda kalau ada banyak hal yang dapat merusak gigi?

1. Banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis
Cookie, cupcakes, permen, dan beragam makanan manis lainnya, mereka meruapakan makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Tentu bila dikonsumsi secara berlebihan.
“Memang sangat mengejutkan, kalau hal-hal kecil seperti permen bisa berakibat buruk bagi kesehatan,” ujar Ruchi Sahota, dokter gigi di Fremont, California. Cobalah untuk berkumur atau menyikat gigi setelah kita mengonsumsi makanan manis. Kabar baiknya, kita dapat mencegah gigi berlubang dengan menggunakan pasta gigi yang direkomendasikan oleh dokter gigi.

2. Kurang minum
Cobalah untuk tidak mengonsumsi minuman berenergi saat berolahraga. Tujuannya untuk mengurangi risiko gigi berlubang. Sebaliknya, cobalah untuk mengonsumsi minuman yang mendangung H2O. Minuman itu tidak hanya baik bagi tubuh, tapi juga gigi kita. Kurang minum juga akan membuat mulut menjadi kering. Mulut yang kering membuat bakteri dapat berkembang. Alhasil, mereka pun dapat membuat gigi berlubang. Menurut Sahota, itulah sebabnya mengapa penting untuk minum air sebanyak mungkin.

3. Mengigit kuku
Ketika mengigit kuku, kita akan menempatkan rahang dalam posisi yang tidak biasa. Gigi akan bergerak secara berulan-ulang dengan cara yang tidak wajar. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di rahang.

4. Menyikat gigi terlalu kuat
Alih-alih menyikat gigi dengan kuat, justru hal itu dapat merusak gigi. “Menyikat gigi secara agresif, dapat mengikis gigi kita,” ujar Sahota. Tak hanya itu, ia juga dapat merusak enamel sehingga membuat gigi berlubang, dan mengganggu kesehatan gusi. Oleh karena itu, cobalah untuk menyikat gigi secara lembut.

5. Mengonsumsi makanan dan minuman asam
Minuman yang mengandung refluks asam, seperti air lemon, dapat membuat kerusakan pada gigi. Menurut Genaro Romo, dokter gigi di Chicago, orang-orang kerap mengabaikan masalah keasaman pada makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang asam, dapat merusak enamel, lapisan pelindung yang mencegah kerusakan gigi. Minuman seperti lemon, bahkan salad tertentu yang bersifat asam, dapat menyabkan enamel gigi terkikis. (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s