Cara Mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

1 news

♛ barb3ta

Suatu hari, Anda membeli tanah dari penjual di daerah tertentu karena sangat menginginkan tanah tersebut lantaran berlokasi di tempat yang strategis. Harganya juga bisa dibilang sangat kompetitif sehingga Anda pun tanpa pikir panjang langsung membeli tanah tersebut.

Kemudian Anda pun diberitahu tentang sertifikat yang dimiliki tanah tersebut sudah berstatus SHM. Namun ketika melihat kondisi sertifikat tersebut, Anda merasa bahwa sertifikat tersebut tidak asli alias seperti sertifikat tiruan.

Dibanding mengambil risiko membeli tanah dengan sertifikat tiruan, akhirnya keinginan membeli tanah pun tertunda dan Anda membatalkan perjanjian dengan sang penjual.

Sebagai orang awam, sulit untuk membedakan mana sertifikat yang asli dan tidak. Agar tidak tertipu, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian sertifikat tanah yang hendak dibeli. Simak penjelasannya dalam artikel ini!

  1. Datangi Kantor BPN Terdekat

2 sertifikat

Agar tidak tertipu dengan sertifikat palsu, Anda bisa datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) terdekat yang ada di kota Anda. Setiap pemilik berhak mengetahui keaslian dari sertifikat properti yang dimilikinya.

Hal ini sesuai dengan yang dimuat dalam pasal 34 PP No. 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah yang menyatakan bahwa setiap orang yang berkepentingan memiliki hak untuk mengetahui data fisik dan data yuridis yang tersimpan di dalam peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur dan buku tanah.

Adapun dokumen yang perlu dibawa ke BPN untuk mengecek keaslian sertifikat antara lain:

  • Sertifikat asli hak atas tanah
  • Salinan identitas diri pemohon dan atau kuasanya yang telah dilegalisir
  • Surat kuasa jika pengecekan keaslian sertifikat dikuasakan ke orang lain
  • Surat permohonan
  1. Datangi Kantor PPAT

3 sertifkat-tanah

Jika Anda tidak sempat atau tidak memiliki banyak waktu untuk datang langsung ke BPN, Anda bisa meminta bantuan jasa PPAT. Namun prosesnya akan sama, seorang yang bertugas sebagai PPAT akan mengeceknya ke BPN untuk disesuaikan dengan buku tanah yang disimpan di BPN.

  1. Biaya Cek Sertifikat Tanah

4 sertifikat-tanah3

Pengecekan keaslian ini biasanya akan memakan biaya. Biaya yang dikeluarkan umumnya sekitar puluhan ribu rupiah atau sesuai dengan kebijakan di kantor pertanahan di daerah masing-masing. Dalam pengecekan serfikat di kantor BPN akan memakan waktu berhari-hari, jadi mohon bersabar. (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s