Bukan di RS, Ibu-ibu Ini Melahirkan di Pinggir Jalan, Hutan dan Supermarket

Bukan di RS, Ibu-ibu Ini Melahirkan di Pinggir Jalan, Hutan dan Supermarket

♛ barb3ta

Biasanya proses persalinan dilakukan di rumah sakit, lengkap dengan didampingi oleh dokter atau bidan. Namun ada beberapa kondisi darurat yang membuat para wanita untuk berjuang melahirkan di tempat-tempat yang tak lazim.

Ada yang terpaksa melahirkan di pinggir jalan, di dalam mobil dalam perjalanan ke rumah sakit, di hutan, bahkan di supermarket, berikut rangkuman kisah-kisah perjuangan para wanita yang melahirkan darurat di tempat-tempat tersebut, seperti ditulis pada Senin (4/4/2016):

2

  1. Melahirkan di Hutan

Amber Pangborn (35) terpaksa melahirkan seorang diri saat tersasar di sebuah hutan ketika hendak pergi ke rumah orang tuanya. Beruntung ia dan bayinya selamat.

Ia menceritakan kejadian ini bermula ketika ia memilih untuk melewati jalan yang baru sekitar Plumas County National Forest menuju rumah orang tuanya. Belum pernah sama sekali melewati jalan ini sebelumnya, ia tersasar dan tak bisa menemukan arah pulang maupun arah menuju rumah orang tuanya.

Tak tahu arah dan hari semakin malam, ponsel Pangborn yang tidak bisa mendapatkan sinyal kehabisan baterai dan mobilnya pun kehabisan bensin. Di saat itu pula tak terduga kemudian Pangborn harus melahirkan putrinya, Marissa, seorang diri tanpa bantuan siapapun.

Tiga hari kemudian, ia baru sanggup untuk berjalan ke hutan dan membuat api untuk dijadikan sinyal meminta bantuan. Beberapa jam kemudian, seorang pekerja US Forest Service menemukan sinyal api tersebut. Pangborn dan bayinya pun terselamatkan. “Saya hanya bisa menangis, saya sangat bahagia. Saya pikir saat itu kami akan meninggal,” ujar Pangborn.

3

  1. Melahirkan di Supermarket

Chanelle Mackay (25) yang tengah hamil tua ini sedang berbelanja di supermarket, kemudian tiba-tiba perutnya mengalami kontraksi. Tak bisa lagi menunggu ambulans, ia pun harus melahirkan di supermarket tersebut.

Mackay kemudian dibantu duduk di kursi roda oleh manajer supermarket tersebut, Natasha Hunt. Natasha awalnya meminta Chanelle untuk menunggu sementara ia mengambil peralatan P3K. Namun karena kontraksi yang dirasakan semakin kuat, Natasha kemudian menelepon ambulans dan membawa Chanelle ke ruang kantor manajer.

Paramedis yang berbicara dengan Natasha di telepon mengungkapkan apa saja yang harus manajer ini lakukan untuk membantu Chanelle jika memang wanita ini sudah tidak bisa lagi menunggu ambulans yang sedang berada dalam perjalanan.

Petugas supermarket lainnya yang juga turut di sana, Rachel Wright, kemudian berinisiatif untuk membantu Chanelle melakukan proses melahirkan sementara Natasha memberikan instruksi sesuai yang dikatakan oleh paramedis di telepon. Mereka pun berhasil membantu proses kelahiran tersebut. Demi Mackay lahir sekitar 1 jam berikutnya dengan sehat dengan berat badan 2,9 kg.

4

  1. Melahirkan di Mobil

Pasangan Jon Pettijohn dan Lesia panik bukan main ketika bayi mereka akan keluar, sementara perjalanan ke rumah sakit masih cukup jauh. Mencoba mengontrol diri, Lesia pun mencoba memberanikan diri melahirkan darurat di jok mobilnya tersebut.

Sambil terus mengemudi, Jon pun berinisiatif untuk meletakkan kamera GoPro di kakinya untuk mengabadikan momen kelahiran putranya tersebut. Kebetulan saat itu Lesia menggunakan pakaian yang cukup panjang sehingga bisa ia gunakan untuk membungkus si kecil Josia. Walaupun melahirkan di mobil, Lesia dan Jon tetap membawa Josia ke RS untuk mengecek kondisinya. Selain itu, agar Lesia tetap mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya.

Video kelahiran Josia ini sudah diunggah ke situs Youtube pada 16 Juli lalu. Hingga saat ini, video tersebut sudah dilihat lebih dari 19 juta pengguna dengan like lebih dari 43 ribu.

5

  1. Melahirkan di Toilet

Sadar betul mobil ambulans tak akan datang tepat waktunya, Megan Whaley (36) berjuang seorang diri melahirkan di toilet rumahnya sendiri.

Wanita yang sehari-harinya bekerja sebagai seorang perawat bersalin tersebut menceritakan awalnya ia merasakan adanya kontraksi. Saat itu usia kandungannya memang sudah memasuki minggu ke-40. Ia sudah berencana akan pergi ke rumah sakit. Namun kontraksi yang dirasakannya ternyata datang semakin cepat. Sadar bahwa ambulans tidak akan datang tepat waktu untuk membantu proses persalinannya, ia kemudian memberanikan diri untuk melahirkan seorang diri di toilet rumahnya.

“Berbekal pengalaman selama menjadi perawat bersalin selama 11 tahun, saya mencoba melakukannya sendiri. Saya sangat bersyukur semua berjalan lancar, walaupun awalnya sempat ragu,” tutur Whaley.

Ia melahirkan seorang bayi perempuan cantik dan sehat yang diberi nama Emery. Sesaat setelah lahir, bayi tersebut langsung diselimuti dengan berlapis-lapis handuk. Petugas medis pun datang dan langsung memberikan pemeriksaan medis. Beruntung Whaley dan Emery dinyatakan baik-baik saja dan langsung dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

6

  1. Melahirkan di Pinggir Jalan

Awalnya, Johanna dan sang suami, Sandy Milligan (46) berencana mempersiapkan pesta ulang tahun putri keduanya, Sofia (2). Apalagi, karena dianggap Lovissa akan lahir bulan depan, baik Johanna maupun Sandy tidak merasa khawatir sedikitpun.

Namun, saat akan pergi ke tempat pesta ulang tahun Sofia, Johanna tiba-tiba merasakan nyeri hebat pada perutnya. Sempat menelepon RS, Johanna disarankan mengonsumsi parasetamol. Tetapi, tidak lama kemudian air ketuban Johanna pecah. Mereka lantas membatalkan rencana pesta ulang tahun Sofia dan pergi ke Royal Victoria Infirmary di Newcastle.

“Saat kami mendekati bundaran Newcastle Cowgate, Johanna mengatakan waktunya telah tiba. Dia berteriak agar saya menghentikan mobil dan hanya berkata bayi kami akan lahir. Saya pun meminggirkan mobil kemudian Johanna langsung terbaring di rumput, padahal saya sedang berusaha memanggil ambulance,” tutur Sandy.

Sandy pun sempat membereskan bagian belakang mobil supaya Johanna bisa melahirkan di jok mobil. Namun, yang terjadi justru Johanna berbaring di rumput dan ia pun menarik kepala bayinya hingga akhirnya si kecil Lovissa berhasil lahir.

Sampai Johanna melahirkan, tim medis belum juga tiba. Beruntung, seorang pengendara motor menghentikan pengendara mobil yang kebetulan seorang dokter bernama dr Lynn Corbett. Ia pun segera memeriksa kondisi ibu dan si bayi yang saat itu segera dibungkus mantel. Meski baik-baik saja, keduanya lantas segera dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa. (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s