Begini Cara Memilih Buku Bacaan Untuk Anak Dibawah 2 Tahun

482480_620

barb3ta

 

Kapan saat yang tepat untuk mulai membacakan buku anak? Sejak baru dilahirkan.

Studi Universitas Brown, Sekolah Khusus Kedokteran di Providence, Rhode Island, AS, mengemukakan, bayi berusia 18-25 bulan yang dibacakan buku secara rutin selama setahun oleh orang tuanya mampu mengucapkan dan mengerti lebih banyak kata, ketimbang yang tidak dibacakan buku.

Pilihan buku yang tepat juga faktor yang menentukan kegiatan membacakan buku tidak hanya dinikmati oleh orang tua tetapi juga anak. Ada ratusan bahkan ribuan jenis buku anak-anak yang beredar di toko buku.

Namun, Anda perlu jeli memilih buku untuk bayi. Beberapa tahap tumbuh dan kembang bayi yang berbeda membuat kebutuhan akan jenis buku juga berbeda.

Bagaimana memilih buku yang tepat untuk bayi? Berikut kami berikan panduan memilih buku untuk bayi di bawah 2 tahun.

Usia 0-6 bulan

Penglihatan bayi masih berkembang. Pilihlah buku tanpa atau dengan sedikit teks dan warna-warni kontras. Pertimbangkan pula buku-buku interaktif, yang dilengkapi gambar-gambar timbul, boneka, dan audio. Di tahap ini, jalan cerita, kata-kata, dan kalimat yang terstruktur bukan poin penting. Bayi usia ini hanya butuh mendengarkan nada suara dan pelukan Anda.

Usia 7-12 bulan

Separuh jalan menuju usia setahun, bayi mulai memahami beberapa kata. Kata-kata paling berarti adalah nama dan benda kesehariannya, seperti “mama”, “papa”, dan “susu”. Buku dengan satu gambar objek atau orang tiap halaman cocok untuk usia ini. Mendengarkan Anda menyebut sebuah benda yang dikenalnya akan mengisi perbendaharaan kata dan perlahan-lahan membantunya menyadari, ilustrasi dalam buku ada di dunia nyata. Ekspresikan kata-kata dalam buku dengan wajah, gerakan, dan suara. Biarkan bayi mengikuti suara dan gerakan Anda.

Karena pada usia ini bayi-bayi cenderung kasar terhadap mainan mereka, pilihlah buku yang berbahan tebal tetapi tidak berat dan tidak mengandung bahan kimia agar aman saat dibanting, ditarik, bahkan digigitnya.

Usia 13-18 bulan

Anda mulai bisa memperkenalkan buku dengan kata dan kalimat yang lebih banyak di setiap halamannya. Semakin ekspresif Anda saat membacakan cerita, semakin baik. Jika Anda membacakan kisah-kisah binatang, jangan lupa menirukan suara binatang. Ajak bayi Anda berinteraksi dengan menanyakan “bagaimana suara kucing?”, misalnya.

Pada usia ini, bayi Anda mungkin bisa mulai menjawab pertanyaan sederhana dengan kata-kata yang dikuasainya. Jadi, berikanlah mereka kesempatan bicara dengan bertanya, “Gambar apa ini?” Jika ia menjawab  “mobil”, Anda bisa memperkaya pengetahuannya dengan menambahkan, “Ya, betul. Ini mobil berwarna hijau yang besar.”

Usia 19-24 bulan

Kebanyakan bayi usia ini mulai merasakan, kegiatan rutin yang berulang-ulang akan membuat mereka nyaman, termasuk membaca buku. Ini menjelaskan mengapa mulai usia 18 bulan bayi akan meminta dibacakan buku yang sama berulang-ulang. Dan mereka tidak menginginkan Anda mengubah satu pun kata dan kalimat yang dibacakan.

Jadi jangan bosan, ya. Para ahli mengatakan, pengulangan cerita membuat anak memahami cerita secara mendalam dan mengingat kata-kata baru dengan baik. (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s