Mengenal Mina, Tempat Mabit dan Melempar Jumroh

260915 Mengenal Mina, Tempat Mabit dan Melempar Jumroh

Salah satu tempat bersejarah bagi umat Islam di Kota Makkah yaitu Mina. Mina adalah sebuah lembah di padang pasir yang terletak sekitar 5 kilometer dari kota Mekkah, Arab Saudi.

Mina didatangi oleh jamaah haji pada tanggal 8 Dzulhijah atau sehari sebelum wukuf di Arafah. Jamaah haji tinggal di sini sehari semalam sehingga dapat melakukan shalat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan Subuh. Kemudian setelah shalat Subuh tanggal 9 Dzulhijah, jamaah haji berangkat ke Arafah.

Ibadah Amalan seperti ini dilakukan Rasulullah SAW saat berhaji dan hukumnya sunnah. Artinya tanggal 9 Dzulhijah sebelum ke Arafah, tidak wajib bermalam di Mina.

Jamaah haji datang kembali ke Mina setelah selesai melaksanakan Wukuf di Arafah, karena para jamaah haji akan melakukan pelaksanaa melempar jumroh.

Di Mina jamaah haji wajib melaksanakan mabit (bermalam) yaitu pada tanggal 10,11,12 Dzulhijah bagi jamaah haji yang melaksanakan Nafar Awal atau tanggal 10,11,12,13 dzulhijah, sedangkan bagi jamaah yang melaksanakan Nafar Tsani jika tidak bermalam di Mina, harus membayar dam (denda).

Tempat atau lokasi melempar jumroh terdapat di Mina, yaitu Jumrah Aqabah, Jumrah Wusta dan Jumrah Ula. Mina juga merupakan tempat atau lokasi penyembelihan hewan kurban.

Di Mina ada mesjid Khaif, merupakan masjid dimana Rasulullah SAW melakukan shalat dan khutbah ketika berada di Mina saat melaksanakan ibadah Haji.

260915 Mengenal Mina, Tempat Mabit dan Melempar Jumroh2

Sejarah Melontar Jumrah

Jumrah berarti tempat pelemparan, didirikan untuk memperingati Nabi Ibrahim As yang digoda setan agar tidak melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih putranya Ismail As.

Tiga kali beliau digoda dan di tiga tempat pula beliau melemparkan batu kepada setan sebagaimana yang diperintahkan dan dibimbing langsung oleh malaikat.

Ditempat-tempat beliau melempar inilah yang kemudian dibangun tugu-tugu dengan nama Ula, Wustha dan Aqabah.

Untuk memudahkan jamaah, pemerintah Arab Saudi membangun jalan lebar dua lantai, sehingga ketiga jumrah tersebut mudah dicapai.

Jumrah Ula (jumrah pertama) yang biasa disebut juga dengan jumrah Sughra (jumrah kecil) adalah jumrah yang terletak didekat masjid Khaif.

Jumrah Wustha (jumrah sedang) yang biasa disebut dengan jumrah Al-Tsaniah (jumrah kedua) adalah jumrah yang berjarak sekitar 150 meter dari jumrah Ula.

Jumrah Aqabah (jumrah yang besar) biasa juga disebut dengan jumrah Al-Tsalitsah (jumrah ketiga) adalah jumrah yang berada di pintu gerbang Mina,  jaraknya dari jumrah Wustha sekitar 190 meter. (♛b3)

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mengenal Mina, Tempat Mabit dan Melempar Jumroh

  1. Ping balik: Catatan Perjalanan Haji 2018 (Bagian 10): Melempar Jumrah Aqabah di Mina (10 Zulhijjah) | Catatanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.